Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Liburan Musim Dingin di Swiss, Belajar Ski dan Atur Biaya

Kompas.com - 01/12/2022, 15:16 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Swiss (Switzerland) kerap jadi destinasi untuk menikmati musim dingin, salah satunya berkat aktivitas olahraga salju yang ada di pegunungan Alpen.

Pada waktu itu, terdapat beragam olahraga salju yang bisa dicoba wisatawan, mulai dari ski, snowboarding, hingga sledding

Baca juga: 10 Alasan Wajib Coba Liburan ke Swiss Saat Musim Dingin

Tak hanya itu, alternatif kegiatan lainnya seperti berendam di pemandian air panas, menyicipi kuliner di restoran atas gunung, dan menikmati pemandangan gunung salju dari kereta api, bisa dilakukan selama liburan musim dingin di Swiss.

Tips liburan musim dingin di Swiss

Director Southeast Asia Switzerland Tourism Batiste Pilet dalam webinar pada Rabu (30/11/2022), membagikan beberapa tips yang bisa diperhatikan wisatawan pemula yang baru pertama kali liburan musim dingin di Swiss. Berikut rangkuman informasinya.

1. Siapkan waktu untuk mengurus visa dan dokumen lain

Pilet mengatakan bahwa musim dingin di Swiss dan Eropa umumnya terjadi pada periode Desember hingga akhir Maret.

Ia berpesan bagi wisatawan yang ingin datang saat bulan tersebut untuk sudah menyiapkan dokumen penting, termasuk visa, beberapa bulan sebelumnya.

Baca juga: 5 Tips Membuat Visa Schengen Bagi Pemohon Pertama Kali ke Eropa

Selain itu, mereka dianjurkan memperhatikan tanggal pemesanan akomodasi dan tiket, jangan sampai terlalu mepet karena kemungkinan lebih mahal. 

"Harus booking (misalnya akomodasi), dan harus menunggu waktu dulu. Dari Indonesia ke Swiss juga harus punya Visa Schengen, jadi sediakan waktu untuk visa dan dokumen lain," ujarnya. 

Dikutip dari Kompas.com (1/4/2022), waktu penerbitan visa sekitar 15 hari kerja. Caranya, kamu bisa berkunjung ke situs VFS, buat janji temu untuk membuat visa Schengen untuk negara Switzerland.

Baca juga:

Unggah formulir yang harus diisi, lengkapi formulir, bawa segala dokumen yang diperlukan, seperti surat referensi dari bank, polis asuransi perjalanan, surat referensi dari kantor (jika diperlukan), tiket perjalanan pergi dan pulang, serta pas foto khusus untuk visa Schengen.

Visa Schengen dikenakan biaya mulai Rp 1,3 juta dan jasa pembuatan visa dari VFS dikenakan biaya mulai Rp 350.000.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com