Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan ke Lombok, Bisa Berburu Sunset di Pantai Kuta Mandalika

Kompas.com - 07/12/2022, 12:07 WIB
Muhammad Naufal,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LOMBOK, KOMPAS.com - Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki deretan pantai yang memukau untuk dikunjungi saat liburan. Termasuk salah satunya adalah Pantai Kuta Mandalika di selatan Lombok.

Pantai ini tepatnya terletak di Kelurahan Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Baca juga: 5 Pilihan Hotel di Lombok, Dekat Sirkuit Mandalika

Kompas.com sempat mencoba berburu matahari terbenam alias sunset di Pantai Kuta Mandalika. Ada baiknya pengunjung mulai bersiap melihat matahari terbenam sekitar pukul 17.50 WITA, ketika matahari mulai turun ke garis pantai.

Di area Pantai Kuta Mandalika, ada sejumlah saung yang bisa dijadikan tempat untuk melihat matahari terbenam. Deretan saung ini terletak tidak jauh dari tempat parkir kendaraan bermotor.

Pengunjung tidak perlu membayar tiket untuk memasuki area pantai ini. Namun, parkir kendaraan bermotor dikenai tarif berbeda, tergantung jenis kendaraannya.

Pengendara kendaraan bermotor roda empat dikenai biaya Rp 10.000, sementara kendaraan bermotor roda dua dikenai biaya Rp 5.000.

Baca juga: DAMRI Layani Rute ke Sirkuit Mandalika dan Sekitarnya, Mulai Rp 15.000

Tidak perlu khawatir jika perut lapar. Sebab, di sekitarnya terdapat sejumlah warung yang menyediakan jajanan makanan maupun minuman. Selain itu, ada juga restoran yang berada di Pantai Kuta Mandalika.

Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu kencang, sehingga tidak bisa digunakan untuk berselancar.

Selain berburu matahari terbenam di area publik pantai, pengunjung juga bisa menikmatinya di area yang lebih privat, yakni jika menginap di Pullman Lombok Merujani Mandalika Beach Resort.

Di resor seluas 4 hektar ini terdapat belasan tempat duduk yang disediakan untuk pengunjung menyaksikan matahari terbenam dari Pantai Mandalika atau sekedar bersantai.

Suasana matahari terbenam (sunset) di Pantai Mandalika, pantai ini terletak di area Pullman Lombok Merujani Mandalika Beach Resort di kawasan Mandalika, Kelurahan Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Suasana matahari terbenam (sunset) di Pantai Mandalika, pantai ini terletak di area Pullman Lombok Merujani Mandalika Beach Resort di kawasan Mandalika, Kelurahan Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Tempat duduk di sana terbagi menjadi dua jenis, yaitu tempat bean bag dan kursi pantai. Keduanya dipercantik dengan payung besar berwarna merah dan tersedia handuk untuk pengunjung.

Sebagian besar tempat duduk ini berada di pasir, sebagian lainnya berada di area hotel yang berlantai kayu.

Baca juga: Itenarary 3 hari 2 malam di Lombok dan Gili Trawangan, Gowes di Desa

Jika memilih duduk di kursi pantai, pengunjung bisa sekaligus merasakan hangatnya pasir pantai berwarna coklat muda dengan kaki telanjang. Udara yang berembus juga terasa hangat dan cukup menyejukkan. 

Karena berada di area privat, pengunjung yang menikmati matahari terbenam di sini bisa memilih spot paling disukai tanpa perlu berada di tengah area publik yang terlalu ramai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com