Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makna Filosofis Batik Parang yang Tidak Boleh Dipakai Sembarangan

Kompas.com - 08/12/2022, 11:02 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Batik parang tengah menjadi sorotan usai larangan pemakaiannya saat resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran pada Sabtu (10/12/2022) mendatang. 

Sebagian masyarakat, khususnya di Solo dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mungkin telah mengatahui larangan memakai batik parang bagi kalangan umum.

Namun, bagi masyarakat awam alasan di balik larangan tersebut tentunya masih menjadi pertanyaan. Singkatnya larangan tersebut ternyata berkaitan dengan makna filosofis batik parang.

Baca juga: Alasan Tamu Pernikahan Kaesang-Erina Dilarang Pakai Batik Parang Saat Masuk Pura Mangkunegaran

Apa yang dimaksud dengan batik parang?

Sebelum memahami makna filosofis, lebih dulu kita harus memahami apa yang dimaksud dengan batik parang? Dengan demikian, masyarakat dapat mengenali motif batik parang ketika hendak membeli kain batik.

Pengamat Budaya Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Dr. Bani Sudardi menjelaskan motif batik parang merupakan motif yang menggambarkan ombak di laut selatan Yogyakarta yang mengenai tebing karang.

“Batik parang adalah satu motif batik yang terdiri dari gambaran ombak dan lokasi yang miring. Tempat ini menggambarkan ombak pada daerah Parangtritis yang bergunung-gunung serta miring,”  ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (7/12/2022).

Baca juga: Motif Batik Larangan Keraton yang Tak Boleh Dipakai Orang Biasa

Motif batik parang.Repro bidik layar via Indonesia Travel Motif batik parang.

Mengutip dari laman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, motif batik parang termasuk motif batik tertua di Indonesia yang sudah ada sejak Kerajaan Mataram.

Nama parang berasal dari bahasa Jawa pereng yang berarti lereng atau tebing. Nama tersebut mewakili motif batik parang yang menyerupai huruf S secara diagonal atau garis miring.

Susunan motif S tersebut saling berkesinambungan alias tidak terputus.

Motif batik parang bervariasi. Mengutip dari laman Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, motif batik parang meliputi parang rusak barong, parang barong, parang gendreh, dan parang klithik.

Baca juga: Mengenal Makna Motif Batik yang Dipakai Para Menteri Saat G20

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com