Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Botorono di Temanggung, Asyik untuk Camping Malam Tahun Baru

Kompas.com - 10/12/2022, 11:11 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kawasan kemah (camping) Puncak Botorono yang berada di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah tetap buka selama malam pergantian tahun menuju tahun 2023.

Area yang berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut ini pas sekali untuk menikmati moment tahun baruan bersama keluarga dan orang terkasih.

Baca juga:

"Area camping tetap dibuka saat malam tahun baru nanti, tinggal berkabar saja untuk reservasi," kata pengelola tempat camping Botorono, Ridwan, saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (10/12/2022).

Untuk diketahui, jarak tempuh menuju Puncak Botorono dari pusat Kabupaten Temanggung, adalah sekitar 16 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 35 menit, dikutip Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

Harga kemah di Puncak Botorono

Adapun harga berkemah di Puncak Botorono terbagi dalam dua paket, dengan fasilitas sebagai berikut:

  • Paket 1 seharga Rp 125.000

Paket ini memberikan fasilitas berupa area kemah, tenda berkapasitas 4-5 orang, sleeping bag empat unit, dan matras empat unit.

  • Paket 2 seharga Rp 155.000

Paket ini memberikan fasilitas berupa area kemah, tenda berkapasitas 4-5 orang, empat sleeping bag, empat matras, serta satu unit kompor dan nesting (panci).

Wisata Puncak Botorono Temanggung dengan latar belakang Gunung Sumbing.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Wisata Puncak Botorono Temanggung dengan latar belakang Gunung Sumbing.

Bila memiliki perlengkapan kemah pribadi, pengunjung diperbolehkan untuk membayar biaya sewa tempat saja, seharga Rp 35.000. Begitu pula untuk penyewaan kompor nesting yang dikenakan tarif Rp 30.000 per unit.

Sedangkan untuk penyewaan tenda kemah yang sudah termasuk empat sleeping bag dan empat buah matras, ialah seharga Rp 90.000.

Jam operasional dan cara reservasi kemah di Puncak Botorono

Destinasi wisata Puncak Botorono buka dari pukul 07.00-17.00 WIB untuk hari Senin sampai Jumat, dan mulai pukul 05.00-00.00 WIB untuk hari Sabtu sampai Minggu.

"Kalau untuk camping kita buka selama 24 jam, tinggal kabarin saya saja agar dipersiapkan mau pakai tenda kapasitas berapa orang," tutur Ridwan.

Bagi yang ingin reservasi untuk berkemah di kawasan ini, bisa menghubungi langsung ke nomor 085759862737, atau memesan di lokasi Puncak Botorono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com