Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Lama di Tanjungpinang Akan Jadi Tempat Wisata Jalan Kaki

Kompas.com - 10/12/2022, 21:35 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kawasan Kota Lama di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, rencananya akan dijadikan tempat wisata jalan kaki. Kawasan ini terletak di sekitar Jalan Merdeka dan Tengku Umar.

Kawasan ini terdiri dari kompleks pertokoan yang menjajakan aneka produk, termasuk kerajinan tangan dan kuliner khas Tanjungpinang. Ada pula puluhan bangku di depan kompleks pertokoan tersebut.

Baca juga:

"Di kawasan ini juga terdapat tempat berfoto. Ini menjadi lebih nyaman, indah dan menarik. Kami harapkan tahun 2023 program wisata jalan kaki dapat dilaksanakan," kata Sekretaris Daerah Tanjungpinang Zulhidayat, dikutip dari Antara, Sabtu (10/12/2022).

Ia menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk menerapkan wisata jalan kaki di kawasan ini. 

Baca juga: Ke Tanjungpinang, Kemenpar Rekomendasikan Santap 10 Kuliner Ini

Konsepnya mirip Malioboro di Yogyakarta

Zulhidayat menambahkan, Kota Lama memiliki peran dan sejarah penting bagi Kota Tanjungpinang. Pada zaman dahulu, kawasan ini merupakan pusat perkembangan perekonomian Tanjungpinang. 

Tidak hanya itu, letaknya juga cukup strategis karena dekat dengan Pelabuhan Domestik dan Internasional Sri Bintan Pura.

Baca juga:

Oleh sebab itu, wisatawan asal Singapura dan Malaysia dapat berjalan kaki dari pelabuhan ke kawasan ini. Sama halnya untuk wisatawan asal Batam, Natuna, Anambas, Lingga, Karimun, dan Riau. 

"Konsepnya mirip seperti Malioboro, Yogyakarta," tutur Zulhidayat.

Area parkir pun disiapkan untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Untuk sementara, area tersebut berada di sekitar Taman Gurindam 12. 

Baca juga: Jangan Salah Pesan Tiket, Pangkalpinang Beda dari Tanjung Pinang

Zulhidayat mengatakan, ada juga rencana untuk membangun area parkir di lokasi lainnya, seperti di Kantor Dinas Pariwisata Tanjungpinang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com