Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Niang Komodo di NTT, Punya Koleksi 2 Rangka Komodo

Kompas.com - 11/12/2022, 06:05 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pusat Informasi Niang Komodo, atau Museum Niang Komodo, yang berada di Resort Loh Buaya, Taman Nasional (TN) Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), hadir sebagai museum pertama di dalam kawasan taman nasional di provinsi tersebut.

"Pusat Informasi Niang Komodo ini merupakan pendukung atraksi wisata di Loh Buaya, Pulau Rinca TN Komodo," kata Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina kepada Kompas.com, Jumat (9/12/2022).

Baca juga:

Tempat ini merupakan bagian dari penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo.

Proyek ini dikerjakan secara kolaboratif oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/BPOLBF.

Baca juga: Terbangkan Drone di Pulau Kalong TN Komodo, Wisatawan Ini Minta Maaf

Sebagai pusat pembelajaran komodo di Indonesia, Niang Komodo menyuguhkan informasi ilmiah hasil pengumpulan data dari para petugas jagawana (ranger) Balai TN Komodo.

Tak hanya itu, Museum Niang Komodo juga menjadi ruang untuk memperkenalkan ragam biodiversitas flora dan fauna di kawasan TN Komodo, dengan kekuatan dua buah Outstanding Universal Value (OUV) utama, berupa satwa endemik komodo dan bentang alam.

"Interiornya terdiri dari peta laut, peta darat, peta topografi, diorama seri ekosistem darat, laut, dan masyarakat, serta rangka komodo," terangnya.

Memajang dua rangka komodo, Jessica dan Mr. X

Secara keseluruhan, museum memuat dua peta video interaktif, 53 panel diorama, delapan panel TN Komodo Heroes (ruang apresiasi bagi para individu yang pernah berjasa bagi TN Komodo), serta dua rangka komodo.

Baca juga: Loh Buaya di Pulau Rinca TN Komodo Bisa Tampung 1.000 Wisatawan per Hari

Adapun dua rangka komodo ini bernama Jessica dan Mr. X. Keduanya berasal dari kawasan Loh Buaya dan Loh Liang.

Jessica adalah komodo betina yang lahir dan mati di Loh Buaya, sedangkan Mr. X merupakan komodo jantan yang lahir dan mati di Loh Liang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com