Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Booking Pendakian Gunung Merbabu Akan Pakai E-Payment

Kompas.com - 13/12/2022, 21:10 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Junita Parjanti mengatakan, sistem booking online (pemesanan daring) jalur pendakian Gunung Merbabu sudah diperbarui mulai Senin (12/12/2022).

Pembaruan yang dilakukan yaitu dari segi sistem pembayaran pemesanan menjadi sistem pembayaraan elektronik (e-payment).

Baca juga:

"Benar (sudah diperbarui), bayarnya langsung palai e-payment. Setelah pendaki booking online, nanti akan mendapakan kode verifikasi kemudian bisa langsung bayar secara online," kata Junita kepada Kompas.com saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (13/12/2022).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa sistem pembayaran elektronik ini ditujukan untuk akun virtual bank BRI. Hal ini karena adanya kerja sama antara Balai Taman Nasional Gunung Merbabu dengan Bank BRI berupa layanan BRIAPI.

Baca juga: Taman Langit Gunung Banyak Ditetapkan Jadi Shelter Tourism, Apa Itu?

 

"Kalau pakai akun BRI, bebas biaya admin, sedangkan pendaki yang bayar pakai akun bank lainnya akan dikenakan biaya admin," katanya.

Alasan penerapan sistem e-payment di Gunung Merbabu

Junita mengatakan, perubahan sistem pembayaran ini dilakukan karena adanya masalah sistem pemesanan yang terjadi sejak awal 2022.

"Pada saat diterapkan sistem kuota dan adanya booking online, ada operator yang mem-blok booking. Jadi seolah-olah kuota semua habis, sudah tertutup, tapi data pendakinya tidak ada, itu sebetulnya booking semu," terangnya.

Junita menjelaskan, setelah kejadian tersebut, mulai banyak calon pendaki yang mengeluhkan kuota yang sudah penuh. Bahkan masyarakat sudah melaporkan masalah tersebut kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Baca juga:

Oleh karena itu, pihak Balai Taman Nasional Gunung Merbabu kemudian melakukan audiensi dengan Gubernur Jawa Tengah. Hasilnya masyarakat diminta untuk menggunakan aplikasi booking online ini secara benar.

 

"Kalau pakai e-payment , setelah booking  harus bayar. Setelah satu jam kalau belum bayar berarti booking-booking semu tadi otomatis akan akan tersingkir hangus," kata Junita. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com