Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaleidoskop: Tempat Wisata Hits di Jakarta Sepanjang 2022

Kompas.com - 15/12/2022, 18:01 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ada beragam wisata yang populer alias hits di Jakarta sepanjang 2022. Tempat wisata hits di Jakarta tersebut ramai dikunjungi warga ibu kota dan sekitarnya.

Berbagai foto apik wisata hits di Jakarta tersebut banyak berseliweran di media sosial, sehingga semakin menarik kunjungan wisatawan.

Sebagian tempat wisata hits di Jakarta populer karena memiliki banyak spot foto instagramable, menawarkan pengalaman unik, hingga memiliki wajah baru usai revitalisasi.

Baca juga: Kaleidoskop: 22 Tempat Wisata Viral Sepanjang 2022

Baca juga: Kaleidoskop: Maju-Mundur Aturan Perjalanan Sepanjang 2022 

Kompas.com merangkum sejumlah wisata hits di Jakarta 2022 sebagai berikut.

1. Sarinah

Suasana pelataran Sarinah pada sore hari saat akhir pekan.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Suasana pelataran Sarinah pada sore hari saat akhir pekan.

Sarinah merupakan pusat perbelanjaan (mal) pertama di Indonesia. Mal di Jalan MH. Thamrin ini baru selesai direnovasi pada Maret 2022 lalu.

Usai bersolek, Sarinah menjadi salah satu tempat wisata hits di Jakarta karena memiliki banyak spot instragramable, antara lain, amphitheater, skydeck, museum, dan galeri foto

Sarinah disulap menjadi tempat nongkrong seru di pusat ibu kota. Tak lupa pengunjung bisa melihat relief peninggalan era Presiden Soekarno yang dulunya di belakang gerai makanan cepat saji dan berbelanja aneka produk UMKM lokal.

Baca juga: 4 Tips Berkunjung ke Pameran Mobil Kepresidenan RI di Sarinah

2. Halte Transjakarta Bundaran HI 

Salah satu pengunjung yang berfoto di sky deck halte Bundaran HI yang baru saja direvitalisasi dan diresmikan pada Sabtu (15/10/2022). Dok. Ngabila Salama Salah satu pengunjung yang berfoto di sky deck halte Bundaran HI yang baru saja direvitalisasi dan diresmikan pada Sabtu (15/10/2022).

Tak jauh dari Sarinah, ada tempat wisata hits selanjutnya yakni Halte Transjakarta Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Bukan sekadar halte biasa, Halte Transjakarta Bundaran HI memiliki anjungan atau sky deck yang berada di lantai dua.

Mengutip Kompas.com (18/10/2022), halte yang berada di Jalan MH Thamrin tersebut kini memiliki sejumlah spot foto menarik usai revitalisasi.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang Monumen Selamat Datang yang berada di tengah Bundaran HI dari anjungan tersebut.

Baca juga: 4 Ide Foto yang Instagramable di Halte Bundaran HI Jakarta Pusat

3. JPO Phinisi 

Hujan yang mengguyur kawasan Sudirman, Jakarta, tak mengurungkan tekat para pemburu foto di Jembatan Penyeberangan Phinisi Karet Sudirman pada Sabtu (12/3/2022) siang. Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Hujan yang mengguyur kawasan Sudirman, Jakarta, tak mengurungkan tekat para pemburu foto di Jembatan Penyeberangan Phinisi Karet Sudirman pada Sabtu (12/3/2022) siang.

Selain fasilitas publik, jembatan penyebrangan orang (JPO) Tematik Phinisi Karet Sudirman menjadi salah satu tempat wisata hits di Jakarta sepanjang 2022.

JPO ini viral di media sosial karena bentuknya unik dan instagramable, yakni mempunyai anjungan berupa replika kapal pinisi.

Banyak warga ibu kota dan sekitarnya yang berfoto di JPO Phinisi tersebut usai dibuka untuk umum.

Mengutip Kompas.com, (12/3/2022), JPO ini juga berfungsi sebagai jembatan penyebrangan sepeda (JPS).

Desain jembatan penyeberangan ini cukup unik, karena memiliki dua jalur yakni jalur lurus dan melengkung. Jalur lurus untuk pejalan kaki, sedangkan jalur melengkung disediakan bagi para pesepeda.

Baca juga: 4 Tips Penting Berfoto di JPO Phinisi Sudirman, Hati-hati Melangkah!

4. Tebet Eco Park 

Tebet Eco Parkdokumentasi Tebet Eco Park Tebet Eco Park

Wajah baru Tebet Eco Park membuat ruang terbuka hijau ini menjadi salah satu tempat wisata hits di Jakarta sepanjang 2022.

Usai revitalisasi, Tebet Eco Park menjadi viral di media sosial sehingga pengunjung pun membludak. 

Mengutip Kompas.com (25/4/2022), daya tarik taman seluas 7 hektar ini adalah berbagai spot instagramable, seperti Infinity Link Bridge, taman tematik, dan jembatan kayu.

Selain itu, Tebet Eco Park dilengkapi dengan fasilitas seperti area UMKM, kolam, taman bermain anak, dan sebagainya.

Lokasinya berada di Jalan Tebet Barat Raya, RT 1/RW10, Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

Baca juga: Masuk Tebet Eco Park Harus Daftar Lewat Aplikasi JAKI, Ini caranya

5. Taman Ismail Marzuki (TIM) 

Suasana di galeri Emiria Soenasa, Taman Ismail Marzuki Kompas.com/Angela Siallagan Suasana di galeri Emiria Soenasa, Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki (TIM) adalah tempat nongkrong favorit di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Usai revitalisasi selama kurang lebih tiga tahun, TIM menjadi salah satu tempat wisata hits di Jakarta.

Wajah baru TIM yang unik dan instagramable menjadi incaran wisatawan di DKI Jakarta. Mengutip Kompas.com (24/6/2022), bangunan di TIM yang memiliki tema masing-masing.

Meliputi, galeri seni, planetarium, pusat pelatihan seni, museum, teater, perpustakaan, wisma seni, dan masih banyak lagi. Lokasinya berada di Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Jakarta Pusat. 

Baca juga: 4 Tips Wisata ke Taman Ismail Marzuki Jakarta, Naik Transportasi Umum

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com