Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaleidoskop: Tempat Wisata yang Punya Wajah Baru pada 2022 

Kompas.com - 15/12/2022, 22:02 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Sepanjang 2022, ada sejumlah obyek wisata yang mengalami revitalisasi. Dengan wajah baru, obyek wisata tersebut lebih menarik bagi para wisatawan untuk berkunjung.

Di DKI Jakarta, ada sekitar delapan obyek wisata yang tampil dengan wajah baru. Selain di ibu kota, obyek wisata di sejumlah kota di Indonesia juga bersolek sepanjang 2022.

Baca juga: Kaleidoskop: Tempat Wisata Hits di Jakarta Sepanjang 2022

Kompas.com telah merangkum sejumlah obyek wisata yang punya wajah baru pada 2022, sebagai berikut.

1. Sarinah

Presiden Joko Widodo saat menandatangani prasasti peresmian transformasi Sarinah di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).KOMPAS.com/Dian Erika Presiden Joko Widodo saat menandatangani prasasti peresmian transformasi Sarinah di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).

Sarinah merupakan pusat perbelanjaan (mal) pertama di Indonesia. Mal di Jalan MH. Thamrin ini baru selesai direnovasi pada Maret 2022 lalu.

Usai bersolek, Sarinah menawarkan beberapa tempat menarik bagi pengunjung, antara lain, amphitheater, skydeck, museum, dan galeri foto.

Tak lupa pengunjung bisa melihat relief peninggalan era Presiden Soekarno yang dulunya di belakang gerai makanan cepat saji dan berbelanja aneka produk UMKM lokal.

Sarinah disulap menjadi tempat nongkrong seru di pusat ibu kota. Tak heran, Sarinah menjadi salah satu tempat wisata hits di Jakarta pada 2022.

Baca juga: 4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Sarinah, Belanja dan Foto-foto

2. Halte Transjakarta Bundaran HI 

Pemandangan monumen Selamat Datang dan Bundaran HI dari atas anjungan halte Bundaran HIDok. Ngabila Salama Pemandangan monumen Selamat Datang dan Bundaran HI dari atas anjungan halte Bundaran HI

Pada 2020, Halte Transjakarta Bundaran HI menjadi korban amuk massa hingga dibakar. Dua tahun berselang, halte ini berubah menjadi sarana publik sekaligus tempat wisata.

Wajah baru Halte Transjakarta Bundaran HI memiliki anjungan atau sky deck yang berada di lantai dua.

Mengutip Kompas.com (18/10/2022), anjungan Halte Transjakarta Bundaran HI menjadi spot foto menarik bagi masyarakat.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang Monumen Selamat Datang yang berada di tengah Bundaran HI dari anjungan tersebut.

Baca juga: 4 Ide Foto yang Instagramable di Halte Bundaran HI Jakarta Pusat

3. JPO Phinisi 

Pemandangan sore hari di JPO Phinisi, Karet Sudirman, Jakarta.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Pemandangan sore hari di JPO Phinisi, Karet Sudirman, Jakarta.

Jembatan penyebrangan orang (JPO) Tematik Phinisi Karet Sudirman atau dikenal sebagai JPO Phinisi menjadi salah satu tempat viral di Jakarta sepanjang 2022.

JPO ini viral di media sosial karena bentuknya unik dan instagramable, yakni mempunyai anjungan berupa replika kapal pinisi.

Banyak warga ibu kota dan sekitarnya yang berfoto di JPO Phinisi tersebut usai dibuka untuk umum.

Mengutip Kompas.com, (12/3/2022), JPO ini juga berfungsi sebagai jembatan penyebrangan sepeda (JPS).

Desain jembatan penyeberangan ini cukup unik, karena memiliki dua jalur yakni jalur lurus dan melengkung. Jalur lurus untuk pejalan kaki, sedangkan jalur melengkung disediakan bagi para pesepeda.

Adapula galeri apresiasi yang didedikasikan untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan tenaga medis dalam menangani pandemi Covid-19.

Baca juga: 4 Spot Foto di JPO Phinisi, Pemandangan Gedung Pencakar Langit Jakarta

4. Tebet Eco Park 

Spot foto di Tebet Eco Park, Jakarta SelatanKOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Spot foto di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan

Wajah baru Tebet Eco Park membuat ruang terbuka hijau ini menjadi salah satu tempat wisata hits di Jakarta sepanjang 2022.

Usai revitalisasi, Tebet Eco Park semakin cantik serta lengkap dengan beragam fasilitas. Tebet Eco Park pun ramai dikunjungi warga ibu kota dan sekitarnya.

Mengutip Kompas.com (25/4/2022), daya tarik taman seluas 7 hektar ini adalah berbagai spot instagramable, seperti Infinity Link Bridge, taman tematik, dan jembatan kayu.

Selain itu, Tebet Eco Park dilengkapi dengan fasilitas seperti area UMKM, kolam, taman bermain anak, dan sebagainya.

Lokasinya berada di Jalan Tebet Barat Raya, RT 1/RW10, Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

Baca juga: Tebet Eco Park Resmi Dibuka, Ini Area dan Fasilitasnya

5. Taman Ismail Marzuki (TIM) 

Foto stok: Taman Ismail Marzuki (TIM)KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Taman Ismail Marzuki (TIM)

Proses revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM), memakan waktu yang cukup lama yakni hingga tiga tahun.

Namun, lamanya proses revitalisasi terbayar dengan keindahan wajah baru tempat nongkrong favorit di kawasan Cikini, Jakarta Pusat ini. Bahkan, TIM menjadi salah satu tempat wisata hits di Jakarta.

Wajah baru TIM yang unik dan instagramable menjadi incaran wisatawan di DKI Jakarta. Mengutip Kompas.com (24/6/2022), TIM kini memiliki beragam wahana yang bisa dinikmati pengunjung.

Meliputi, galeri seni, planetarium, pusat pelatihan seni, museum, teater, perpustakaan, wisma seni, dan masih banyak lagi. Lokasinya berada di Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Jakarta Pusat. 

Baca juga: Wajah Baru Taman Ismail Marzuki, Ini Rute dan Akses Transportasi

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com