Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Nataru, Tarif Penginapan dan Hotel di Bantul Naik Signifikan

Kompas.com - 16/12/2022, 20:01 WIB
Markus Yuwono,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com – Jalang libur Natal dan tahun baru (Nataru), hotel dan penginapan di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sudah bersiap menaikkan harga.

Bahkan, kenaikan harga saat malam pergantian tahun mencapai lebih dari 200 persen dibanding harga normal.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bantul Yohanes Hendra Dwi Utomo menyampaikan, kenaiakan harga saat liburan Nataru merupakan hal wajar, dan tidak ada aturan mengenai tarif sewa kamar.

Baca juga: 5 Hotel Murah di Pangandaran untuk Tahun Baru, Ada yang Dekat Pantai

Menurut dia, kenaikan tarif sewa penginapan dan hotel saat liburan tidak hanya terjadi di Bantul, tetapi juga di daerah lainnya

"Karena memang kebutuhan kamar untuk liburan nataru cukup tinggi," kata Hendra kepada Kompas.com melalui telepon Jumat (16/12/2022).

Ia melanjutkan bahwa dari 25 hotel di Bantul, okupansi saat ini weekday rata-rata 50 sampai 60 persen. Namun untuk weekend bisa mencapai 90 persen dan diperkirakan akan terus naik saat liburan sekolah akhir tahun.

"Untuk kenaikan kebijakan dari propertinya masing-masing. Tapi ada beberapa yang memang menaikkan sekitar 30-40 persen karena jumlah kamar yang terbatas, hotel bintang di Bantul juga terbatas," kata Hendra.

Tak ada pembatasan kunjungan saat libur Nataru

Hendra mengatakan, pemerintah daerah maupun dari dinas terkait tidak ada pembatasan kunjungan hanya tetap menjalankan CHSE-nya.

"Apalagi dari Dinas Pariwisata tidak ada kegiatan tahun baru, sehingga dikhususkan bagi rekan-rekan di industri ini untuk membuat kegiatan di propertinya masing-masing," kata dia.

Baca juga: Harga Tiket dan Jam Buka Terbaru Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Sementara itu, pemilik Hotel Widodo dan Hotel Gandung di kawasan Pantai Parangtritis, Ali Sutanta Jaka Saputra mengungkapkan, kenaikan tarif sewa saat liburan merupakan hal wajar.

Sebab, kawasan Pantai Parangtritis menjadi lokasi kunjungan wisatawan saat malam pergantian tahun.

Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta. Pantai Parangtritis masih jadi tujuan utama wisatawan saat pelesir ke Bantul. Contoh teks deskripsi subyektif tentang pantai.Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta. Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta. Pantai Parangtritis masih jadi tujuan utama wisatawan saat pelesir ke Bantul. Contoh teks deskripsi subyektif tentang pantai.

"Ada kenaikan harga kamar saat libur Nataru, kenaikannya juga bisa ratusan persen saat malam pergantian tahun. Tapi meski begitu, pasti semua kamar hotel dan losmen penuh," kata dia.

Pemilik Hotel Kinasah yang berada di kawasan puncak bukit Parangtritis, Roni mengatakan, pihaknya sudah menerima pesanan kamar untuk malam pergantian tahun. Ada kenaikan cukup signifikan dibandingkan hari biasa.

Baca juga: Rute ke Gumuk Pasir Parangkusumo, Sebelah Pantai Parangtritis

"Kamar yang harga sewanya Rp 100.000 saat malam pergantian tahun, bisa naik sampai Rp 300.000 sampai 500.000. Biasanya, tamu datang sore hari dan pulang pagi harinya," kata dia.

Ia melanjutkan, fasilitas yang diberikan cukup lengkap mulai dari  pendinginan ruangan hingga air hangat.

"Kalau kebaikan harga sudah biasa terjadi saat malam pergantian tahun, biasanya tamu juga tidak mengeluh. Apalagi semua kamar hotel dan losmen lainnya juga menaikkan harga saat libur Nataru," kata dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com