Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

96 Persen Orang Indonesia Pilih Liburan Akhir Tahun 2022 di Dalam Negeri

Kompas.com - 17/12/2022, 16:04 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 96 persen masyarakat Indonesia memilih menikmati libur akhir tahunnya di dalam negeri.

Ini dibuktikan lewat hasil survei "End of Year Vacation Plan Report 2022" yang dilakukan oleh platform penyedia layanan consumer insights Populix pada 9-11 November 2022.

"Sebesar 96 persen masyarakat memilih untuk menikmati liburan di dalam negeri pada akhir tahun ini," kata Co-Founder dan COO Populix Eileen Kamtawijoyo lewat keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Rabu (14/12/2022).

Baca juga:

Adapun destinasi paling favorit meliputi Bali (20 persen), Yogyakarta (17 persen), Bandung (15 persen), dan Lombok (13 persen).

Sedangkan empat persen masyarakat yang berencana untuk menghabiskan liburan akhir tahun mereka di luar negeri cenderung memilih Singapura (36 persen), Thailand (19 persen), dan Saudi Arabia (12 persen).

Menurut Eileen bila dibandingkan dengan tahun lalu, minat masyarakat untuk berlibur pada tahun ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Terlebih bagi masyarakat yang sudah lama menantikan untuk kembali berlibur bersama dengan keluarga 

Hasil survei tersebut juga mengungkap bahwa 69 persen responden menyatakan berencana untuk berlibur bersama keluarga dengan durasi perjalanan hingga lima hari.

Baca juga: Promo Akhir Tahun Traveloka, Diskon 50 Persen Semua Produk

Masyarakat juga lebih memilih untuk berlibur dengan menikmati wisata alam (67 persen), berwisata kuliner (65 persen), staycation (48 persen), mengunjungi taman bermain atau wahana atraksi (45 persen), dan berkunjung ke rumah keluarga (32 persen).

Masyarakat Indonesia sudah rencanakan libur akhir tahun 6 bulan sebelumnya

Menurut survei, sebagian besar masyarakat sudah menyiapkan agenda berlibur mereka sejak satu sampai enam bulan sebelum (45 persen), hingga satu sampai empat minggu sebelum keberangkatan (34 persen).

Untuk mendukung perencanaan tersebut, 70 persen masyarakat Indonesia mencari rekomendasi seputar wisata terkini dari keluarga atau teman.

Ilustrasi wisatawan di Pantai Lovina, Bali.UNSPLASH/Pascal Müller Ilustrasi wisatawan di Pantai Lovina, Bali.

Serta 69 persen masyarakat memanfaatkan kekuatan media sosial, seperti Instagram (87 persen), YouTube (69 persen) dan TikTok (56 persen). 

Baca juga: Tarif Masuk TN Komodo Rp 3,75 Juta Batal, Segini Harga Tiketnya

"Tingginya minat masyarakat untuk berlibur pada akhir tahun ini tentunya diharapkan akan membantu mempercepat pemulihan sektor pariwisata yang selama dua tahun belakangan mengalami penurunan," ujar Eileen.

Sebagai informasi, survei dilakukan secara online melalui aplikasi Populix terhadap total 1.010 responden laki-laki dan perempuan berusia 18-55 tahun di Indonesia.

Pertanyaan survei dikemas dalam bentuk kuesioner tertutup dengan format pilihan ganda tunggal dan pilihan ganda kompleks. Durasi pengerjaan survei sekitar 15 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com