Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Akhir Tahun di Gunungkidul Diprediksi Berdatangan 20 Desember 2022

Kompas.com - 18/12/2022, 17:05 WIB
Markus Yuwono,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memperkirakan wisatawan libur akhir tahun akan mulai datang pada 20 Desember 2022 nanti.

Ketua PHRI Gunungkidul Sunyoto mengatakan, hingga 18 Desember 2022 belum ada kenaikan kunjungan wisatawan yang signifikan. Namun, pihaknya tetap optimististis kunjungan akan meningkat signifikan saat memasuki liburan.

"Kemungkinan baru di tanggal 20-an Desember nanti baru ada peningkatan," kata Sunyoto saat dihubungi wartawan melalui telepon Minggu (18/12/2022).

Baca juga: Libur Akhir Tahun, Kapal Antarpulau di Kepri Beroperasi hingga Malam

Dijelaskannya, anggotanya sudah mempersiapkan khusus fasilitas yang akan digunakan wisatawan, mulai dari kebersihan dan perbaikan, juga stok persediaan bahan baku.

Permintaan bahan pokok saat akhir tahun akan meningkat signifikan. Harganya pun secara otomatis ikut melonjak.

"Makanya kami persiapkan dari sekarang, agar tidak kesulitan saat hari H liburan," kata dia.

Targetkan 14.000 kunjungansaat libur akhir tahun

Sebelumnya, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menargetkan lebih dari 140.000 kunjungan wisatawan saat libur akhir tahun mulai 24 Desember 2022 sampai 1 Januari 2023.

"Target kita untuk libur Natru 148.305 wisatawan yang akan berkunjung," kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Mohammad Arif Aldian saat dihubungi melalui telepon Kamis (15/12/2022).

Baca juga: 47 Persen Orang Indonesia Siapkan Rp 1-3 Juta untuk Libur Akhir Tahun

Dikatakannya, pihaknya tidak menyiapkan event khusus menyambut wisatawan. Hanya saja, sejumlah destinasi akan ada even menyambut pengunjung.

Kawasan Pantai Baron, Gunungkidul, saat airnya coklat. Jumat (18/11/2022)KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Kawasan Pantai Baron, Gunungkidul, saat airnya coklat. Jumat (18/11/2022)

"Tidak ada agenda dari kami, namun ada beberapa destinas yang menyiapkan even seperti di Pantai Wediombo dan beberapa desa wisata," kata Arif.

Menurut dia, meski tidak banyak hiburan berlibur di Gunungkidul untuk menyongsong akhir tahun bisa dinikmati dengan cara lain, seperti berkemah, hingga menginap di hotel atau homestay.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com