Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akuarium Sepanjang 47 Meter Jadi Wisata Terbaru di Pangandaran

Kompas.com - 19/12/2022, 15:09 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Obyek wisata edukasi Aquarium Indonesia Pangandaran resmi dibuka untuk umum pada Sabtu (17/12/2022). Lokasinya ada di daerah Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

"Akuarium ini dulunya dikelola oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), sejak awal November ini sudah mandiri dikelola oleh kami (PT Tridacna Banyu Lestari)," kata Marketing Aquarium Indonesia Pangandaran Ahmad Syafi'i Lubis kepada Kompas.com, Senin (19/12/2022).

Baca juga:

Gedung Aquarium Indonesia Pangandaran, kata dia, dulunya berfungsi sebagai pusat riset dan edukasi KKP sehingga waktu itu tidak bisa dijadikan tempat wisata atau dimasuki oleh masyarakat umum.

Setelah adanya kesepakatan antara pihak KKP dan PT Tridacna Banyu Lestari, gedung tersebut mulai direnovasi menjadi wisata edukasi.

"Kami menerima bangunan yang sudah jadi (dari KKP), kami sebagai pengelola saat ini melanjutkan dan memperbaiki apa yang perlu dibenahi agar layak jadi tempat wisata edukasi untuk masyarakat," katanya.

 

Diklaim sebagai akuarium cekung terpanjang di Indonesia

Bentuk akuarium cekung di Aquarium Indonesia Pangandaran.Dok. Aquarium Indonesia Pangandaran Bentuk akuarium cekung di Aquarium Indonesia Pangandaran.

Syafi'i mengklaim, Aquarium Indonesia Pangandaran merupakan akuarium cekung terpanjang di Indonesia berukuran 47-47,5 meter.

"Kami berani klaim akuarium cekung terpanjang di Indonesia karena memang itu yang kami miliki (bentuknya cekung) dan berbeda dari terowongan akuarium di lokasi lain di Indonesia," paparnya.

Tidak hanya itu, ia menambahkan, Aquarium Indonesia Pangandaran juga merupakan jendela akuarium terbesar di Indonesia. Bentangan jendela akuariumnya sekitar 33 meter.

Baca juga: 19 Nama Kota Terpanjang di Dunia, Ada yang Sampai 163 Huruf

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com