Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Desa Sade NTB Akan Dapat Pelatihan Bahasa Inggris

Kompas.com - 20/12/2022, 10:14 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, pihaknya akan menyediakan fasilitas keahlian bahasa Inggris dan standarisasi produk ekonomi kreatif (ekraf) bagi masyarakat Desa Sade, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kami akan melakukan edukasi dan pelatihan berkaitan dengan kemampuan berbahasa Inggris," kata Menparekraf saat Weekly Press Briefing, Senin (19/12/2022).

Baca juga:

Pelatihan dan edukasi produk ekraf ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris masyarakat di Desa Sade. 

Hal ini berkaitan dengan video viral wisatawan mancanegara (wisman) yang mengaku ditipu saat membeli cendera mata di desa itu.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sade, Sanah, mengatakan bahwa kejadian tersebut merupakan kesalahpahaman akibat keterbatasan bahasa yang dialami oleh penduduk setempat. 

Baca juga: Video Viral Turis Asing Merasa Ditipu di Desa Sade, Ini Tanggapan Pengelola

"Kami menyambut baik (kunjungan wisatawan), namun dengan segala keterbatasan kami, pendidikan kami kalau dihitung hanya sampai tingkat sekolah dasar (SD). Hanya beberapa yang sampai ke tingkat menengah atas (SMA)," ujar Sanah, dikutip dari Kompas.com, Selasa (20/12/2022).

Sementara itu, Menparekraf menilai kesalahan persepi kerap terjadi karena adanya dua pihak yang tidak berkomunikasi dengan baik dan lancar.

Akibatnya, terjadi penggiringan opini publik bahwa masyarakat di Desa Sade tidak memperlakukan wisatawannya dengan baik.

"Padahal Desa Sade sangat menyambut wisatawan. Selain budaya dan tarian khas suku sasaknya, juga ada produk ekonomi kreatif," kata Menparekraf.

Baca juga:

Lebih lanjut dikatakan bahwa pendampingan keahlian berbahasa Inggris untuk masyarakat di Desa Sade nantinya akan melibatkan Politeknik Pariwisata Lombok. 

Menparekraf berharap, harga barang yang dijual di Desa Sade bisa sesuai dengan batasan harga produk ekonomi kreatif yang layak dan pantas untuk daerah Lombok Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com