Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seksi Izin Tinggal Imigrasi Batam Antisipasi Lonjakan Pelayanan Jelang Nataru

Kompas.com - 22/12/2022, 07:05 WIB
Hadi Maulana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Menyambut libur Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru), Seksi Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam mengantisipasi lonjakan pelayanan, khususnya di Seksi Izin Tinggal Keimigrasian, dengan berbagai upaya.

"Kami telah melakukan beberapa strategi, seperti briefing internal kesiapan petugas, pengecekan perangkat dan kesisteman, serta menetapkan jadwal piket pegawai," tutur Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Subki Miuldi, melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima, Rabu (21/12/2022).

Baca juga:

Diharapkan, para pegawai yang namanya termasuk dalam jadwal agar bertugas dengan baik sehingga tercipta situasi yang kondusif, sekaligus mengantisipasi agar hal-hal yang tidak terduga terjadi.

"Selain itu, kami juga telah siapkan tambahan vitamin buat petugas, guna membantu mereka agar tetap fit dan prima dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Imigrasi Bakal Terapkan Electronic Visa on Arrival, Lebih Praktis

82 permohonan terkait izin tinggal kunjungan

Subki mengatakan, layanan izin tinggal yang telah diberikan pada warga negara asing (WNA) di periode November-Desember 2022, antara lain pemberian izin tinggal kunjungan sebanyak 82 permohonan.

Kemudian, ada pula pemberian izin tinggal terbatas sebanyak 435 permohonan dan pemberian izin tinggal tetap sebanyak 10 permohonan.

Baca juga:

Selain itu, ada juga perpanjangan izin tinggal bagi wisatawan mancanegara (wisman) khusus  kegiatan wisata (Visa on Arrival atau VOA).

"Adapun jumlahnya khusus dari negara tetangga saja seperti Malaysia adalah sebanyak lima permohonan dan Singapura sebanyak empat permohonan," kata Subki.

Baca juga: Jerman Tolak Paspor RI Tanpa Kolom Tanda Tangan, Ini Kata Imigrasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com