Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Batu Mulai Ramai Wisatawan Akhir Tahun, Lonjakan Kendaraan Lebih dari 100 Persen

Kompas.com - 24/12/2022, 21:01 WIB
Nugraha Perdana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BATU, KOMPAS.com - Kepadatan arus kendaraan dalam momen libur akhir tahun Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mulai terlihat di Kota Batu, Jawa Timur pada Sabtu (24/12/2022).

Kepadatan mulai terpantai di dua titik sekitar pukul 17.00 WIB, yakni di Jalan Ir Soekarno dan Jalan Raya Oro-Oro Ombo.

Di Jalan Ir Soekarno, terlihat kendaraan didominasi keluar dari tempat wisata Jatim Park 3. Kemudian Jalan Raya Oro-oro Ombo, didominasi kendaraan yang hendak masuk ke Batu Night Spectacular.

Baca juga: 10 Wisata di Kota Batu dan Malang, Pas Dikunjungi Saat Libur Nataru

Kendaraan yang memadati Kota Batu mulai didominasi wisatawan yang menikmati libur akhir tahun.

Terpantau terdapat kendaraan dengan plat nomor luar kota, seperti B asal Jakarta dan plat Nopol L dari Surabaya.

Lonjakan arus kendaraan di Kota Batu lebih dari 100 persen

Kasatlantas Polres Batu AKP Lya Ambarwati mengatakan, mulai hari ini telah terjadi lonjakan kendaraan yang berada di Kota Batu lebih dari 100 persen. Kepadatan arus kendaraan itu mulai terlihat sejak pagi sekitar pukul 10.00 WIB.

"Seperti di sekitar Alun-Alun Kota Batu, kemudian didepan JTP 3, sekitar Pesanggrahan, Pandanrejo," kata Lya pada Sabtu (24/12/2022).

Baca juga: Kalender Wisata Kota Batu 2023, Ada Festival Paralayang Internasional

Menurutnya, lonjakan tersebut karena sudah tidak adanya pembatasan kegiatan masyarakat walaupun masih dalam pandemi Covid-19, sehingga animo masyarakat meningkat untuk berlibur ke Kota Batu.

"Sudah mulai kelihatan lonjakan jumlah kendaraan lebih dari 100 persen. Karena sudah tidak ada pembatasan. Jadi otomatis masyarakat bisa bebas berlibur," katanya.

Ilustrasi tempat wisata di Kota Batu, Alun-alun Kota Batu.SHUTTERSTOCK/FARIS FITRIANTO Ilustrasi tempat wisata di Kota Batu, Alun-alun Kota Batu.

Dia juga menyampaikan bahwa saat ini Jalan Raya Giripurno telah bisa dilewati oleh kendaraan roda empat dan bus atau truk. Perbaikan jalan di kawasan Jurang Susuh telah dilakukan oleh pihak terkait setelah beberapa waktu lalu terjadi ambrol.

Jalan Raya Giripurno pun dapat menjadi jalur alternatif bagi pengendara untuk mengurai kepadatan di Jalan Ir Soekarno. Selain itu, pihaknya menerjunkan sekitar 50 personel dari Satlantas Polres Batu untuk membantu mengatur lalu lintas kendaraan bermotor.

Baca juga: Hotel-hotel di Kota Batu Kebanjiran Reservasi Jelang Nataru

"Jurang Susuh sudah dibuka, jadi dari Karangploso bisa langsung ke pertigaan Bendo. Kemudian kami dari Satlantas Polres Batu ada sekitar 50 personel untuk membantu mengatur lalu lintas, termasuk di pos-pos Operasi Lilin," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com