Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Wisata Ramah Keluarga di Yogyakarta untuk Libur Akhir Tahun 

Kompas.com - 25/12/2022, 14:02 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Libur akhir tahun telah tiba. Momentum ini dimanfaatkan oleh banyak keluarga untuk berlibur ke sejumlah kota wisata, salah satunya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau Jogja.

Mencari wisata ramah keluarga di Yogyakarta tidaklah sulit. Ada banyak wisata ramah keluarga di Kota Gudeg, baik wisata alam, taman hiburan, wahana air, museum, dan lainnya.

Obyek wisata ramah keluarga tersebut menyediakan aneka atraksi wisata yang bisa dinikmati berbagai usia. Lokasinya pun mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi.

Baca juga: 16 Tempat Wisata di Yogyakarta dengan Pemandangan Alam yang Indah

Wisata ramah keluarga di Yogyakarta

Kompas.com merangkum sejumlah wisata ramah keluarga di Yogyakarta sebagai berikut. 

1. Merapi Park

Merapi Park Yogyakarta.https://pesona.travel Merapi Park Yogyakarta.

Merapi Park adalah taman rekreasi yang menghadirkan miniatur landmark paling terkenal di dunia. Obyek wisata ini bisa dinikmati oleh pengunjung berbagai usia.

Mengutip dari situs resminya, Merapi Park memiliki sejumlah wahana. Misalnya, The World Landmark yang merupakan taman bunga dengan replika landmark dari berbagai negara seperti Big Ben (London), Menara Eiffel (Paris), Temple of Heaven (China), dan lainnya. 

Adapula wahana Kids Waterpark, Cowboy Town, Dino Park, dan sebagainya.

Lokasinya berada di Jalan Kaliurang No.KM. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Baca juga: Rute ke Merapi Park, Wisata Miniatur Ikon Dunia di Yogyakarta

2. Stonehenge Merapi

Stonehenge yang ada di Sleman, Yogyakarta,KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Stonehenge yang ada di Sleman, Yogyakarta,

Jika ingin mengajak keluarga berfoto di batuan Stonehenge, tidak perlu jauh-jauh ke Inggris. Ada wisata Stonehenge Merapi di Yogyakarta yang merupakan replika Stonehenge di Inggris.

Stonehenge Merapi merupakan salah satu destinasi hits sekaligus ramah keluarga. Lokasinya berada dalam kompleks wisata The Lost World Castle.

3. The Lost World Castle

The Lost World CastleInstagram @thelostworldcastle The Lost World Castle

Konsep dari The Lost World Castle adalah menghadirkan dunia dongeng yang hilang, seperti dikutip dari Kompas.com (28/2/2022). Wisatawan akan menjumpai bangunan bak kastel negeri dongeng.

The Lost World Castle juga menyediakan berbagai spot foto ala luar negeri seperti Tembok China, kapal bajak laut, hingga rumah pohon. Keunikan The Lost World Castle semakin menarik dengan latar belakang panorama Gunung Merapi.

Lokasinya berada di  Jalan Petung Merapi, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Baca juga: 6 Wisata Dekat Ledok Sambi Sleman, Ada The Lost World Castle

4. Ullen Sentalu Museum 

Suasana di Museum Ullen Sentalu.Shutterstock/Harismoyo Suasana di Museum Ullen Sentalu.

Wisata ramah keluarga di Yogyakarta selanjutnya adalah Ullen Sentalu Museum. Museum ini berisi koleksi benda peninggalan Kerajaan Mataram Islam.

Selain menampilkan kebudayaan masa Kerajaan Mataram Islam, Museum Ullen Sentalu juga menampilkan kehidupan para bangsawan di masa Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.

Ikon Ullen Sentalu Museum yang populer di kalangan wisatawan adalah relief yang ditata miring. Lokasinya berada di Jalan Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman. 

Baca juga: Wisata di Sleman, Keliling Candi hingga Pergi ke Museum Ullen Sentalu

5. Agrowisata Bhumi Merapi 

Santorini ala Langlang Buana, Tempat Wisata Instagenic Baru di Jogja (Dok. Agrowisata Bhumi Merapi)INSTAGRAM @AGROWISATABHUMIMERAPI Santorini ala Langlang Buana, Tempat Wisata Instagenic Baru di Jogja (Dok. Agrowisata Bhumi Merapi)

Agrowisata Bhumi Merapi merupakan tempat wisata edukasi yang terletak di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta. Obyek wisata ini cocok didatangi bersama anak-anak.

Mengutip Kompas.com (18/8/2022), anak-anak bisa belajar budidaya hewan di Agrowisata Bhumi Merapi. Mulai dari memberi makan kelinci, menyentuh ular, menyentuh kura-kura, hingga memberi susu ke kambing. 

Selain itu, ada replikasi ikon dari sejumlah negara seperti Santorini, Yunani di area wisata Langlang Buana. Lokasinya berada di  Jalan Kaliurang Km 20 (belakang Balai Desa Hargobinangun), Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com