Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Natal 2022, Wisatawan Padati Pantai Mbolata di Manggarai Timur, NTT

Kompas.com - 26/12/2022, 21:31 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BORONG,KOMPAS.com - Pada momen libur Natal, Senin (26/12/2022), ratusan wisatawan dari Kabupaten Ngada dan Manggarai Timur berwisata di Pantai Mbolata.

Pantai ini tepatnya berada di Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain itu, wisatawan juga berwisata di pantai pasir putih di Padang Mausui dan berwisata di Padang penggembalaan ternak Mausui.

Baca juga: Pantai Mbolata dan Mausui Jadi Tujuan Wisata di Flores

Senin itu, cuaca cukup cerah dibanding dengan Sabtu, (24/12/2022) dan Minggu, (25/12/2022) yang diguyur hujan lebat.

Pantauan Kompas.com Senin sore (26/12/2022) di pantai Mbolata, ratusan wisatawan berenang di laut, sementara yang lainnya bakar ikan di pinggir pantai. Wisatawan bersantai di bawah rindangan pohon bakau.

Seorang wisatawan dari Manggarai Timur Yohanes Jubilian Dahu Ndolu kepada Kompas.com mengatakan, ia bersama ayahnya berlibur di pantai Mbolata pada hari liburan Natal.

"Sore ini saya bersama ayah saya berwisata di pantai Mbolata dengan cuaca yang cukup cerah. Minggu kemarin sesudah misa Natal hanya berada dirumah saja karena cuaca hujan. Saya suka berwisata di pantai saat hari hari libur," jelasnya.

11 di Manggarai Timur untuk libur akhir tahun

Selain Pantai Mbolata, Kabupaten Manggarai Timur punya banyak pantai lain yang bisa dikunjungi saat libur akhir tahun.

Baca juga: Pantai Mbolata di Manggarai Timur, Lihat Indahnya Gunung Komba dan Inerie

Sebagaimana data yang dihimpun Kompas.com, ada 11 pantai di Kabupaten Manggarai Timur yang direkomendasikan untuk libur akhir tahun 2022.

Kolam-Kolam kecil serupa petak sawah menambahkan keunikan Pantai Lia Mbala, Kel. Kota Ndora, Kec. Borong, Kab. Manggarai Timur, NTT, Kamis, (5/5/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Kolam-Kolam kecil serupa petak sawah menambahkan keunikan Pantai Lia Mbala, Kel. Kota Ndora, Kec. Borong, Kab. Manggarai Timur, NTT, Kamis, (5/5/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Kesebelas pantai ini adalah, Mbolata, Pantai Pasir putih Mausui, Tanjung Bendera, Watu Kodi, Nangarawa, Pantai pasir putih Bondei, Lia Mbala, Borong, Cepi Watu, Toka, dan Ligota.

Pantai pantai ini memiliki keunikan masing-masing. Cerita tentang nama pantai juga berbeda-beda.

Baca juga: Pantai Pasir Putih Liang Mbala, Spot Berjemur di Manggarai Timur NTT

Wisatawan lokal dari Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur dan Ngada sering berwisata dipantai tersebut menikmati hari hari liburan sekaligus melepaskan kepenatan dalam pekerjaan.

Desa Wisata di Manggarai Timur untuk libur akhir tahun

Selain pantai, ada juga desa wisata di Manggarai Timur dengan beragam keunikan alam dan air terjunnya. Dua di antaranya Desa Wisata Golo Loni dan Desa Wisata Colol dengan aneka destinasi, juga kopi khas Manggarai Timur-nya.

Seorang pemuda Colol sedang petik kopi. Pemuda kembali pulang desa, Selasa, (31/5/2022). (KOMPAS.com/DOK RONALD IGU-PEMUDA COLOL)KOMPAS.com/DOK RONALD IGU-PEMUDA COLOL Seorang pemuda Colol sedang petik kopi. Pemuda kembali pulang desa, Selasa, (31/5/2022). (KOMPAS.com/DOK RONALD IGU-PEMUDA COLOL)

Kepala Desa Golo Loni, Yohanes Bercmans Okalung kepada Kompas.com, Senin, (26/12/2022) melalui telepon menjelaskan, Desa Wisata Golo Loni sudah siap dikunjungi wisatawansaat libur akhir tahun.

Ada wisata Golo Depet, River Tubing, Gua alam, dan aktivitas memancing di kolam air tawar, serta destinasi air terjun.

"Kelompok Sadar Wisata sudah memandu wisatawan lokal, nusantara, dan mancanegara yang berwisata di Desa Wisata Golo Loni," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com