Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Pesawat Mahal Ternyata Bisa Bikin Turis Asing Tinggal Lebih Lama

Kompas.com - 27/12/2022, 11:23 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebutkan, mahalnya tiket penerbangan menjadi tantangan dalam mencapai target kunjungan turis asing ke Indonesia.

Namun, hal ini sekaligus berdampak pada perubahan struktur dan kualitas kunjungan turis asing tersebut yang justru membuat mereka lebih lama tinggal di Indonesia.

Baca juga:

"Ini juga justru mengubah struktur dan kualitas dari kunjungan turis asing, lebih lama tinggal," tutur Sandiaga dalam sesi Jumpa Pers Akhir Tahun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Senin (26/12/2022).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Adapun lama tinggal turis asing ini dapat berdampak pada ekonomi masyarakat lokal yang juga lebih tinggi.

Target utama pasar turis asing pariwisata Indonesia tahun 2023 

Sedangkan untuk pasar utama yang diharapkan menjadi penyumbang turis asing paling besar bagi pariwisata Indonesia, ialah Australia, Singapura, Malaysia, India, dan Inggris.

Pemilihan negara tersebut sebagai pasar utama, disasar karena memiliki performansi yang baik dari sisi GDP (Produk Domestik Bruto), dan berpotensi rendah mengalami resesi.

Baca juga: Pengelola Desa Sade Tanggapi Video Turis Asing yang Mengaku Ditipu Saat Beli Gelang

"Dalam hal ini, kebijakan Kemenparekraf kita menyasar dari sisi wisman, negara-negara yang performansi (ekonomi) nya masih bagus, cenderung mengalami GDP moderate rendah, berdasarkan data GDP IMF di Oktober 2022," ujar Deputi Bidang Kebijakan Strategi Kemenparekraf, Nia Niscaya dalam kesempatan serupa.

Turis asing dari Negara Portugal berwisata alam, religi dan budaya di Pulau Flores dari Maumere sampai.Labuan Bajo, NTT, Senin, (26/9/2022). (KOMPAS.com/DOK.PEMANDU WISATA FLORES-YOHANNES YANNI J)KOMPAS.COM/DOK PEMANDU WISATA FLORES-YOHANNES YANNI J Turis asing dari Negara Portugal berwisata alam, religi dan budaya di Pulau Flores dari Maumere sampai.Labuan Bajo, NTT, Senin, (26/9/2022). (KOMPAS.com/DOK.PEMANDU WISATA FLORES-YOHANNES YANNI J)

Nia juga menyampaikan, hingga saat ini tercatat sudah ada 123.000 pemesanan tiket pesawat turis asing ke Indonesia, untuk tahun 2023.

Dari total pemesanan itu, pasar Eropa mengisi sebesar 41,73 persen dari total pesanan ke Indonesia di tahun 2023.

Baca juga: 10 Negara Penyumbang Turis Asing Terbanyak ke Indonesia 2022

Regional lain, seperti Oseania menyumbang 25,73 persen, Asia (di luar negara ASEAN) sebesar 21,7 persen dan negara ASEAN baru 2,43 persen (karena mereka cenderung memesan tiket dengan last minute booking).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com