Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Kereta Panoramic Bisa Dibeli di Stasiun dan Online, Ini Caranya

Kompas.com - 28/12/2022, 12:24 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kereta Panoramic merupakan inovasi dari PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) yang sedang melalui soft launching pada Sabtu (24/12/2022) hingga Minggu (8/1/2023). 

Selama periode tersebut, tiket kereta Panoramic bisa dibeli secara online (daring) maupun offline (di tempat).

Baca juga:

"Untuk tiket Kereta Panoramic bisa dibeli secara offline apabila masih tersedia," ujar Humas PT Kereta Api Pariwisata M Ilud Siregar, saat ditemui Kompas.com di Stasiun Gambir, Selasa (27/12/2022). 

 

Namun, opsi membeli tiket Kereta Panoramic secara offline kurang disarankan, kata Ilud, mengingat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi. Sebaiknya calon penumpang membeli secara online untuk memastikan ketersediaan. 

Baca juga: Kereta Panoramic Punya Atap Kaca, di Mana Penumpang Simpan Barang?

Adapun tiket gerbong mewah ini terpantau sudah ludes terjual untuk periode mulai Rabu (28/12/2022) hingga Jumat (30/12/2022) di berbagai platform penjualan online

"Alhamdulillah masyarakat menyambut cukup baik. Pemesanan Panoramic tanggal 29 sama 30 itu sudah penuh," imbuh Ilud. 

Interior bagian dalam kereta Panoramic yang baru diluncurkan PT KAI dalam soft launching 24 Desember 2022-8 Januari 2023. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Interior bagian dalam kereta Panoramic yang baru diluncurkan PT KAI dalam soft launching 24 Desember 2022-8 Januari 2023.

Sebagai informasi, sesuai namanya, Kereta Panoramic memiliki keunggulan berupa jendela berukuran lebar dan atap kaca untuk melihat panorama sepanjang perjalanan. 

Dirangkai mengikuti KA Taksaka Tambahan, Kereta Panoramic sejauh ini hanya memiliki satu gerbong berkapasitas 46 kursi. Rutenya meliputi Gambir-Cirebon-Purwokerto-Kroya-Kebumen-Kutoarjo-Yogyakarta.

Baca juga: Kereta Panoramic Punya Atap Kaca, di Mana Penumpang Simpan Barang?

Panduan beli tiket Kereta Panoramic 

Selama periode soft launching, harga tiket kereta Panoramic dibanderol mulai Rp 750.000 hingga Rp 1 juta per orang. Biaya ini sudah termasuk semua fasilitas, termasuk snack, makanan, minuman, dan selimut. 

Jika ingin membeli tiket kereta Panoramic, simak panduannya berikut ini. 

Cara beli tiket Kereta Panoramic di stasiun

1. Datangi stasiun terdekat

Untuk membeli tiket kereta secara offline, pertama kamu harus mendatangi stasiun terdekat yang melayani penjualan tiket.

Baca juga: Naik Kereta Panoramic, Bisa Mampir 13 Tempat Wisata Ini

2. Datang ke loket

Ketika tiba di stasiun, langsung menuju ke loket penjualan tiket kereta api. Sebutkan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.

Khusus Kereta Panoramic, kamu bisa menyebutkan permintaan khusus ingin menaiki kereta jenis itu. Petugas akan mengetik dan melakukan proses pembelian tiket kereta api.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com