Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Penumpang Kereta Panoramic, "Terpaksa" Mampir ke Yogyakarta

Kompas.com - 28/12/2022, 16:54 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kereta panoramic yang baru diluncurkan menarik antusiasme sejumlah masyarakat, terutama setelah viral di media sosial.

Adapun soft launching kereta ini sudah berlangsung sejak 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023, dengan rute Gambir-Yogyakarta (PP).

Baca juga:

Banyak masyarakat penasaran ingin mencoba naik kereta yang baru pertama kali ada di Indonesia tersebut.

Bahkan, tak sedikit penumpang dari Jakarta yang sengaja memesan tiket meski sebetulnya tidak berencana pergi ke Yogyakarta.

"Saya aslinya Solo, cuma karena kereta Panoramic ini tujuannya hanya ke Yogyakarta, saya naik ini nanti baru transit ke Solo," ujar seorang penumpang kereta Panoramic bernama Yatni yang ditemui Kompas.com di Stasiun Gambir, Selasa (27/11/2022).

Perempuan berusia 50-an tahun tersebut mengatakan dirinya menemani sang anak yang memang merupakan penggemar kereta api.

Baca juga: Kereta Panoramic Punya Atap Kaca, di Mana Penumpang Simpan Barang?

Sehingga, ia pun berniat merogoh kocek Rp 1 juta per orang untuk mendapatkan tiket kereta panoramic

Suasana penumpang kereta Panoramic pada Selasa (27/12/2022).KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Suasana penumpang kereta Panoramic pada Selasa (27/12/2022).

Yatni menuturkan, anak laki-lakinya yang duduk di kelas 3 SMA tidak ingin ketinggalan dari teman-temannya.

"Saya ngawal anak saya suka kereta, kalau ada yang baru dia memang cepat-cepat, enggak mau kalah update sama temannya. Saya juga baru ini, mau coba penasaran panoramic yang seperti apa," imbuh dia. 

Baca juga: Tiket Kereta Panoramic Bisa Dibeli di Stasiun dan Online, Ini Caranya

Lebih lanjut, Yatni mengatakan tujuannya berangkat ke Solo lewat Yogyakarta adalah dalam rangka liburan sekolah. Adapun ia berencana kembali ke Jakarta dengan menaiki bus.

Iseng naik kereta panoramic saat libur kerja

Diwawancarai terpisah, seorang penumpang bernama Inna yang sudah naik kereta panoramic pada Minggu (25/12/2022) bahkan mengaku memanfaatkan jatah cuti untuk menjajal kereta ini.

Perempuan berusia 28 tahun ini mengaku sengaja memanfaatkan momen libur kerja untuk berlibur ke Yogyakarta sekaligus mencoba sensasi naik kereta Panoramic.

"Kenapa pilih kereta ini karena lagi libur kantor. Lihat Twitter KAI ada soft launching panoramic, aku cek kebetulan masih ada tiket. Jadi aku beli agak nekad, iseng mau cobain," ujarnya saat dihubungi, Rabu (28/12/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Salah satu hal berkesan baginya dari pengalaman naik kereta panoramic adalah segi pelayanan. Pihak KAI memberikan snek, minuman kotak, minuman hangat, serta makan siang.

"Servisnya bagus, dari kita berangkat dikasih snack dan minuman enak-enak. Minuman kotak, air mineral, dapet gratis minuman hangat juga di tengah jalan. Sama makan siang di Cirebon yang mengenyangkan," sambungnya.

Baca juga: 4 Perbedaan Kereta Panoramic dengan Kereta Biasa, Beratap Kaca

Tak hanya kuliner, ia juga mengagumi toilet kereta panaromic yang lega dan selalu terlihat bersih di sepanjang perjalanan.

Menjawab kekhawatiran sejumlah masyarakat terkait kemungkinan cuaca panas karena kereta panoramic punya jendela dan atap kaca yang besar, ia mengatakan sebaliknya.

"Kami enggak khawatir kepanasan karena AC-nya dingin, meskipun kacanya besar tapi juga bisa ditutup jadi oke, lah," tuturnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com