Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta dan Bali Ditargetkan Jadi Tujuan Penerbangan Langsung dari China

Kompas.com - 03/01/2023, 17:39 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, Jakarta dan Bali ditargetkan jadi tujuan penerbangan langsung (direct flight) dari China, menyusul dibukanya perbatasan negara tersebut per Minggu (8/1/2023) nanti. 

"Tujuan permintaan direct flight ini ada dua utama, yaitu Jakarta dan Bali," tutur Menparekraf dalam Weekly Press Briefing Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) secara daring, Senin (2/1/2023).

Baca juga:

Kata dia, saat ini sudah ada sejumlah permintaan yang masuk dari maskapai internasional untuk penerbangan langsung dari China ke Indonesia.

"Beberapa (maskapai penerbangan) yang sudah meminta secara langsung ada Air China, China Eastern Airlines, dan China Southearn Airlines," ujarnya.

Baca juga: China Segera Buka Perbatasan, Warga Berbondong-bondong Pesan Tiket ke Luar Negeri

Dari sisi maskapai nasional dalam negeri, pemerintah masih menunggu kesiapan dari Garuda Indonesia dan Lion Air Group untuk bisa mengisi slot penerbangan langsung dari China.

Seiring dengan meningkatnya permintaan penerbangan langsung ini, Menparekraf berharap rute bisa dibuka dari tiga titik utama di Negeri Tirai Bambu itu, mencakup Guangzhou, Shanghai, dan Beijing.

Baca juga:

Dengan begitu, ia optimistis bisa mengejar target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal China yang telah ditetapkan tahun 2023, sebanyak 253.000 wisatawan.

"Kami optimis 253.000 target wisman China bisa tercapai tahun ini," tuturnya.

Baca juga: Spanyol Wajibkan Tes Covid-19 untuk Pelaku Perjalanan dari China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com