Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Thailand Disebut Negeri Gajah Putih?

Kompas.com - 05/01/2023, 10:42 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Banyak negara memiliki julukannya masing-masing. Salah satu negara dengan julukan yanng paling populer adalah Thailand sebagai Gajah Putih.

Kenapa Thailand disebut negeri Gajah Putih?

Ini ternyata berkaitan dengan sejarah kerajaan Thailand dan simbol yang diwakilkan oleh hewan gajah itu sendiri. Berikut penjelasan singkatnya, seperti dikutip Kompas.com dari sejumlah sumber.

Baca juga: 10 Kosakata Bahasa Thailand Dasar bagi Traveler 

Kenapa Thailand disebut negeri Gajah Putih?

Menurut jurnal berjudul Studi Budaya Gajah Thailand berdasarkan "Metafora Gajah" dalam Idiom Thailand, Literatur Komparatif: Timur & Barat yang disusun oleh Jianghua Han (2019),  gajah punya peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Thailand. Dulu, masyarakat menggunakannya sebagai alat tani dan transportasi.

Adapun gajah putih dianggap sebagai simbol kekuatan, kekayaan, menyebarkan keberuntungan, dan menunjukkan masyarakatnya hidup dalam damai.

Dalam mitos Thailand, gajah putih juga merupakan simbol kesakralan dan melambangkan kekuatan alami keluarga kerajaan.

Baca juga: 5 Masjid di Bangkok Thailand untuk Dikunjungi Saat Liburan

Sebetulnya, tidak hanya di Thailand, negara Asia Tenggara lainnya seperti Myanmar, Kamboja, dan Laos juga menganggap gajah sebagai hewan suci, seperti dikutip World Atlas.

Saat ini, gajah putih adalah simbol kekuatan Tuhan dan kerajaan di Thailand. Semakin banyak gajah putih yang dimiliki, maka pemerintahannya dianggap semakin kuat dan makmur.

Gajah putih ini bukanlah spesies gajah berbeda, melainkan gajah dengan kulit sangat terang, biasanya coklat kemerahan yang berubah menjadi merah muda saat basah.

Orang-orang Thailand menyebutnya dengan istilah "Chang samkhan" yang berarti gajah keberuntungan atau "putih" yang berarti kemurnian.

Baca juga:

Setelah ditangkap dari alam, seekor gajah putih akan dievaluasi oleh para ahli dari istana kerajaan untuk menentukan apakah gajah tersebut "beruntung" atau tidak, dari sejumlah tanda fisiknya dan perilaku.

Jika dianggap bertuah, maka gajah tersebut akan dipersembahkan kepada raja. Raja Thailand saat ini setidaknya memiliki 11 ekor gajah putih.

Selain itu, mayoritas masyarakat Thailand beragama Buddha. Berdasarkan jurnal yang sama, dalam agama Buddha, gajah merupakan lambang kesuburan dan gajah putih membuat keyakinan itu lebih murni.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com