Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nihi Sumba Masuk Daftar Hotel Terbaik Asia 2023 Versi CN Traveler

Kompas.com - 06/01/2023, 15:32 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu resor di Nusa Tenggara Timur (NTT), Nihi Sumba, masuk dalam Gold List 2023 dari Conde Nast (CN) Traveler. 

Gold List merupakan daftar hotel maupun penginapan favorit di seluruh dunia, yang dikurasi oleh tim editor Conde Nast Traveler setiap tahun.

Baca juga:

Daftar ini menunjukkan standar terbaik dari servis dan hospitality hotel-hotel yang tersebar di dunia. Ada kategori resor dan hotel terbaik di Eropa dan Inggris, Afrika dan Timur Tengah, Australia dan Selandia Baru, serta Asia.

Lalu kategori resor dan hotel terbaik di Amerika Serikat, Kanada, dan Karibia, serta resor dan hotel terbaik di Meksiko, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah.

Keistimewaan Nihi Sumba

Berenang bersama kuda di Nihi SumbaDok. Nihi Sumba Berenang bersama kuda di Nihi Sumba

Nihi Sumba merupakan sebuah resor ekslusif di Pulau Sumba, pesisir pantai selatan NTT.

Resor ini dibuka pada 2015 oleh peselancar asal Amerika Serikat, Claude Graves dan istrinya, Petra. Saat itu, mereka berdua datang ke Pulau Sumba untuk mencari ombak legendaris bernama Occy's Left.

Setelah berhasil menemukan ombak yang dicari, mereka berdua akhirnya jatuh cinta pada Sumba dan orang-orang di sana, dikutip dari Kompas.com (7/11/2020).

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Pulau Sumba yang Wajib Dikunjungi 

Mendapat penghargaan dua tahun berturut-turut pada 2016 dan 2017 sebagai Best Hotel in the World versi Travel + Leisure, Nihi Sumba menjadi contoh tempat wisata berkelanjutan yang selaras dengan lingkungan dan masyarakat Sumba.

Adapun masyarakat Sumba memiliki hubungan erat dengan kuda. Mereka meyakini bahwa kuda adalah makhluk cerdas dan agung yang berperan penting dalam budaya Sumba.

Hal inilah yang menjadi dasar Nihi Sumba membuat liburan untuk relaksasi bersama kuda, seperti dikutip Kompas.com (10/12/2021).  

Baca juga: Menengok Situs Budaya Lambanapu Sumba Timur, Jejak Leluhur Orang Sumba

Salah satu yang istimewa dari Nihi Sumba, tamu akan dapat diajak berkunjung ke desa di Sumba dan melakukan kegiatan sosial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com