Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Australia Ikut Menanam Padi dan Bambu di Desa Golo Loni NTT

Kompas.com - 07/01/2023, 14:34 WIB
Markus Makur,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Desa Wisata Golo Loni di Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki aktivitas agrowisata yang bisa dicoba oleh para wisatawan.

Salah satu wisatawan yang menjajal aktivitas tersebut selama sekitar seminggu adalah seorang wisman asal Australia bernama Adam John. Ia belajar menanam padi dan bambu bersama masyarakat setempat.

Baca juga:

"Saya sangat senang dan gembira karena turis mau tinggal satu minggu dan belajar budaya setempat. Aktivitas ini mendongkrak perekonomian masyarakat Desa Golo Loni," kata Kepala Desa Golo Loni, Yohanes Bercmans Okalung, kepada Kompas.com, Sabtu (7/1/2023).

Wisman tersebut, kata Okalung, juga mengunjungi tempat wisata lainnya di Desa Golo Loni. Salah satunya Gua Alam Watu Tahang.

Baca juga: Wisata di Desa Wisata Golo Loni NTT, Bisa Trekking hingga Panen Padi

Tidak hanya itu, John pun belajar budaya dan pengembangan potensi Wisata di Desa Golo Loni.

Menurut Okalung, wisman itu sangat senang karena kegiatan yang ia lakukan tidak dijumpai di desa lain.

"Dengan hadirnya wisatawan asal Australia ini bisa membantu kami untuk promosi di negaranya melalui media sosial dan website resmi Desa Golo Loni," tutur Okalung.

Wisata agrowisata diperkenalkan kepada turis mancanegara yang berwisata di Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Manggarai Timur, NTT, Sabtu, (7/1/2023). (KOMPAS.com/DOK KADES GOLO LONI-YOHANES BERSMANS OKALUNG)KOMPAS.COM/DOK KADES GOLO LONI-YOHANES BERSMANS OKALUNG Wisata agrowisata diperkenalkan kepada turis mancanegara yang berwisata di Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Manggarai Timur, NTT, Sabtu, (7/1/2023). (KOMPAS.com/DOK KADES GOLO LONI-YOHANES BERSMANS OKALUNG)

Sebagai informasi, aktivitas agrowisata yang diperkenalkan ke wisman dan wisatawan nusantara (wisnus) di Desa Golo Loni, antara lain menanam padi, pante tuak (mengiris moke) di pohon enau atau aren, menanam bambu, locok loce (menganyam tikar), dan menjelajahi hutan pohon enau.

Para wisatawan juga belajar berbagai hal seputar kopi, mulai dari memetik kopi, menggoreng kopi secara tradisional, menumbuk kopi dengan lesung atau ngensung, menampi kopi, dan jalan-jalan di perkebunan kopi.

Baca juga:

Adapun wisatawan yang mendatangi Desa Golo Loni juga bisa mengunjungi tempat wisata lainnya.

Tempat wisata tersebut, antara lain Gua Alam Watu Tahang untuk river tubing, area persawahan, Air Terjun Ranamese, Danau Ranamese, dan Hutan Ranamese untuk mengamati burung endemik Flores.

Baca juga: Golo Depet, Bukit Kunang-kunang yang Indah di Manggarai Timur, NTT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com