Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Candi Borobudur Ada di Yogyakarta?

Kompas.com - 08/01/2023, 11:11 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Candi Borobudur merupakan salah satu bukti sejarah peninggalan kerjaan Mataram Kuno.  

Bentuknya yang megah dengan susu relief lebih dari 35 meter dan luas mencapai 15.000 meter persegi, menjadikan Candi Borobudur sebagai monumen Budha terbesar di Dunia.

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, tidak sedikit pula wisatawan yang bingung dengan lokasi Candi Borobudur.

Sebagian pendapat mengatakan bahwa Candi Borobudur berlokasi di Jawa Tengah, tapi tak sedikit pula yang mengatakan bahwa Candi Borobudur terletak di Yogyakarta.

Baca juga:

Lalu, apakah Candi Borobudur ada di Jogja?

Candi Borobudur berlokasi di Jalan Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Lokasinya yang tidak jauh perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta, ternyata kerap menimbulkan kesalahpahaman.

Jarak antara lokasi Candi Borobudur dengan pusat Kota Yogyakarta yakni sekitar 40,8 kilometer. Perjalanan dari Candi Borobudur menuju pusat Yogyakarta membutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam menggunakan mobil. 

Sebelum menjadi destinasi wisata yang kini terkenal hingga ke mancanegara, Candi Borobudur diduga sempat ditinggalkan dan kemudian ditemukan kembali.

Baca juga:

Sejarah Candi Borobudur

Dikutip dari laman Kompas.com (07/06/2022), ada beberapa tafsiran perihal pendirian Candi Borobudur.

Menurut laman Cagar Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Candi Borobudur diduga didirikan pada pemerintahan Dinasti Syailendra antara 750 hingga 842 masehi.

Pendirian candi ini diperkirakan dilakukan secara bertahap dan gotong royong sebagai wujud kebaktian ajaran agama Budha.

Sementara menurut situs Balai Konservasi Borobudur, Sejarawan J.G. de Casparis berpendapat bahwa Candi Borobudur didirikan pada masa Dinasti Syailendra oleh Raja Samaratungga yang memerintah pada 782 hingga 812 masehi.

Komplek Candi Borobudur diperkirakan sempat ditinggalkan pada 1006 karena bencana meletusnya Gunung Berapi. Akan tetapi, menurut hasil penelitian geologi, vulkanologi, dan arkeologi belum dapat membuktikan adanya letusan tersebut.

Baca juga: Turis AS dan Cilacap Jadi Pengunjung Pertama Candi Borobudur Tahun 2023

Ilustrasi wisatawan mancanegara (wisman) di Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.Dok. Shutterstock/Lukas Uher Ilustrasi wisatawan mancanegara (wisman) di Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Candi Borobudur kembali ditemukan pada 1814 oleh Gubernur Jenderal Inggris Sir Thomas Stanford Raffles.

Halaman:
Sumber Kompas.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com