Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Masuk Daftar 100 Kota Terbaik di Dunia 2023, Kalahkan Nagoya

Kompas.com - 09/01/2023, 09:24 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Jakarta masuk daftar 100 kota terbaik di dunia 2023 atau World's Best Cities 2023 versi Resonance Consultancy, perusahaan konsultasi global untuk real estate, pariwisata, dan pembangunan ekonomi.

Jakarta berada di peringkat ke-89, di atas sejumlah kota-kota lainnya, antara lain Nagoya dan Sendai, Jepang; Hanoi, Vietnam; Cologne dan Stuttgart, Jerman; dan Marseille, Perancis.

Baca juga:

"Berada di sisi pantai utara Pulau Jawa, Jakarta dan 'konserto' kekacauan perkotaan sehari-harinya (concerto of daily urban chaos) perlu dilihat secara langsung untuk dapat dipercayai... sayangnya karena kota ini mungkin tidak akan ada lagi," bunyi isi laporan World's Best Cities 2023, dikutip dari laman resminya, Senin (9/1/2023).

Laporan tersebut juga menyinggung soal prediksi tenggelamnya Jakarta serta keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. 

Baca juga: Tahun Baru 2023, Bisa Main ke 4 Tempat Wisata di Jakarta Ini

Kendati demikian, lanjut laporan tersebut, minat akan perjalanan internasional dan bisnis pasca-pandemi Covid-19 tetap membuat kota ini memiliki daya tarik tersendiri bagi investasi asing. 

Hal ini karena lusinan hotel mewah dijadwalkan untuk dibuka di Ibu Kota pada empat tahun mendatang.

Metodologi

Resonance Consultancy menyusun peringkat kota-kota di dunia dengan memadukan performans secara statistik dan evaluasi kualitatif oleh masyarakat lokal dan pendatang di 24 area yang dikelompokkan menjadi enam pilar.

Keenam pilar tersebut adalah Place (lokasi), Product (infrastruktur), Programming (program atau acara di sebuah kota), People (penduduk dan pendatang), Prosperity (kesejahteraan warga negaranya), dan Promotion (bagaimana suatu kota dipromosikan, misalnya lewat media sosial).

Baca juga:

Adapun kota-kota yang masuk dalam daftar ini umumnya kota-kota di area metropolitan dengan populasi lebih dari satu juta orang. 

Terkait pilar tersebut, angka untuk Jakarta adalah 72 untuk Place, 98 untuk Product, 94 untuk Programming, 184 untuk People, 130 untuk Prosperity, dan 21 untuk Promotion

Sementara itu, London di Inggris berada di peringkat pertama 100 kota terbaik di dunia 2023, disusul oleh Paris, Perancis, di peringkat kedua dan New York, Amerika Serikat, di peringkat ketiga.

Baca juga: Serunya Naik Bus Tingkat Wisata Jakarta Gratis, Lihat Panorama Kota dari Atas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com