Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran Solo Akan Dibuka pada 21 Januari

Kompas.com - 12/01/2023, 22:19 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Taman Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, rencananya akan dibuka pada Sabtu (21/1/2023). Di tempat ini, wisatawan bisa berwisata kuliner khas Mangkunegaran.

"Insyaallah tanggal 21 Januari kami soft opening, dalam artinya belum beroperasi 100 persen," kata Mangkunegara X GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, dikutip dari Antara, Kamis (12/1/2023).

Baca juga:

"Pelan-pelan kami buka bertahap karena pembangunan kan masih berproses dan banyak aspek operasional yang kami siapkan," imbuhnya.

Adapun grand opening atau pembukaan secara resmi rencananya akan dilakukan pada bulan Maret 2023. 

Baca juga: 6 Fakta Pura Mangkunegaran, Lokasi Pernikahan Kaesang-Erina

Bangunan pendapa utama yang merupakan bagian dari sisa kejayaan penguasa Mangkunegaran di Pura Mangkunegaran, Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (6/3/2022). Pura Mangkunegaran yang berdiri tahun 1757 pernah berkembang dengan penguasaan sejumlah pabrik gula dan memiliki sistem kemiliteran modern. 
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA (WEN)
06-03-2022KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA Bangunan pendapa utama yang merupakan bagian dari sisa kejayaan penguasa Mangkunegaran di Pura Mangkunegaran, Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (6/3/2022). Pura Mangkunegaran yang berdiri tahun 1757 pernah berkembang dengan penguasaan sejumlah pabrik gula dan memiliki sistem kemiliteran modern. KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA (WEN) 06-03-2022

Salah satu daya tarik Taman Pracima Tuin adalah restoran yang menyajikan makanan kesukaan Mangkunegara sebelumnya, berdasarkan arsip Pura Mangkunegaran.

"Di Pracima Tuin sehari-harinya ada restoran yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Kuliner yang kami kaji, kami riset dari kuliner khas Mangkunegaran adalah makanan kesukaan Mangkunegara-Mangkunegara dulu, sebelum saya," jelasnya.

Baca juga:

Beberapa sajian yang akan dijadikan menu, antara lain Dendeng Age, Brubus, dan Garang Asem.

Nantinya akan ada paket wisata bagi pengunjung, namun saat ini makanan yang disajikan akan dalam skala kecil terlebih dahulu. 

"Untuk sementara by reservasi dulu, ke depan kami buat paket supaya bisa menjaring lebih banyak pengunjung," tuturnya.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (2/12/2022), Pura Mangkunegaran merupakan kediaman para raja atau adipati Mangkunegaran. Lokasinya di Jalan Ranggawarsita, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Baca juga: 6 Aktivitas Wisata di Pura Mangkunegaran, Tempat Resepsi Kaesang-Erina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com