Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Event Unggulan Jawa Tengah Tahun 2023, Ada Dieng Culture Festival

Kompas.com - 13/01/2023, 14:02 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jawa Tengah tidak hanya memiki beragam destinasi wisata yang menarik, tetapi juga deretan agenda kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya. 

Untuk tahun 2023 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan berbagai agenda mulai dari event tradisi, budaya, festival, karnaval, hingga musik yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota Jawa Tengah. 

Baca juga:

"Jawa Tengah Calendar of Events 2023 merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mempromosikan Jawa Tengah sebagai destinasi pariwisata," ujar Kepala Dinas Kepemudaan, Olaharaga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinoeng N. Rachmadi, dikutip dari buku Jawa Tengah Calendar of Events 2023, Jumat (13/1/2022). 

Selain itu, sambung dia, event juga ditujukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial, dan budaya.

10 event unggulan Jawa Tengah tahun 2023

Berikut daftar 10 perhelatan unggulan di Jawa Tengah sepanjang tahun 2023, yang diurutkan berdasarkan bulannya. 

1. Dugderan (Kota Semarang, 10 Maret 2023)

Event unggulan Jawa Tengah pertama adalah Dugderan yang diagendakan digelar pada 10 Maret 2023.

Warga melihat pentas tarian kuda lumping dalam tradisi Dugderan di Aloon-Aloon Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah, Kamis (31/3/2022). Tradisi Dugderan untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang dimeriahkan dengan berbagai kesenian serta pasar rakyat itu kembali dilaksanakan seiring penurunan kasus COVID-19.ANTARA FOTO/AJI STYAWAN Warga melihat pentas tarian kuda lumping dalam tradisi Dugderan di Aloon-Aloon Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah, Kamis (31/3/2022). Tradisi Dugderan untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang dimeriahkan dengan berbagai kesenian serta pasar rakyat itu kembali dilaksanakan seiring penurunan kasus COVID-19.

Dugderan merupakan tradisi jelang Ramadan di Kota Semarang yang telah ada sejak tahun 1881. Istilah Dugderan berasal dari bunyi Bedug dan dentum meriam.

Saat ini, Dugderan dikemas dalam bentuk karnaval yang dimeriahkan dengan pertunjukan seni budaya.

Baca juga: PPKM Dicabut, Kabupaten Semarang Optimistis Kunjungan Wisata Naik

Masyarakat bisa melihat perayaan yang bergerak melalui rute Balaikota-Masjid Agung Semarang - Masjid Agung Jawa Tengah ini di Kota Semarang. 

2. Solo Menari (Kota Solo, 29 April 2023)

Selanjutnya, ada event Solo Menari yang digelar dalam rangka Hari Tari Sedunia yang telah berlangsung sejak 2009.

Sandiaga Uno, Gibran Rakabuming dan Jan Ethes Naik Kuda Menuju Balai Kota saat Kirab Solo Menari 2022 di Kota Solo, Jawa TengahKOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati Sandiaga Uno, Gibran Rakabuming dan Jan Ethes Naik Kuda Menuju Balai Kota saat Kirab Solo Menari 2022 di Kota Solo, Jawa Tengah

Event ini menampilkan beragam pertunjukan tari karya koreografer nasional dan internasional.

Berlangsung pada 29 April 2023, Solo Menari akan digelar di Balaikota Surakarta, Kota Surakarta. 

3. Solo Keroncong Festival (Kota Solo, 22-23 Juli 2023)

Kota Solo juga dikenal melalui karya-karya lagu keroncong yang diciptakan para penyair daerah.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membuka Solo Keroncong Festival 2022. Mereka terlihat mainkan alat musik Ukulele di Indonesia, ukulele identik dengan musik keroncong, sebagai tanda pembukaan festival.KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membuka Solo Keroncong Festival 2022. Mereka terlihat mainkan alat musik Ukulele di Indonesia, ukulele identik dengan musik keroncong, sebagai tanda pembukaan festival.

Solo Keroncong Festival hadir sejak tahun 2009 dan makin meneguhkan Kota Solo sebagai Kota Keroncong.

Tahun 2023, Solo Keroncong Festival akan hadir dengan tema “Keroncong Murni Selalu di Hati”.  

Baca juga: 10 Wisata Solo Dekat Stasiun Balapan, Banyak Bangunan Bersejarah

Masyarakat bisa menyaksikan penampilan musisi keroncong dari dalam dan luar negeri pada 22-23 Juli 2023 di Pamedan Mangkunegaran, Kota Surakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com