Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Wisata Baru Jakarta, Bisa Kulineran hingga Menikmati Konten K-Pop

Kompas.com - 19/01/2023, 20:31 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ada sejumlah tempat wisata baru di DKI Jakarta yang sayang untuk dilewatkan masyarakat.

Obyek wisata baru tersebut mengusung konsep beragam, mulai dari kuliner, tempat foto unik dan instagramable, tempat ngopi di tengah kota, hingga ruang kreatif yang menyajikan beragam konten Korea Selatan.

Baca juga: 7 Tempat untuk Merayakan Imlek di Jakarta, Kulineran dan Berburu Foto

Nah, jika kamu ingin menjajal pengalaman baru, maka cobalah kunjungi tempat wisata ini saat akhir pekan atau libur.

1. Holeo Golf & Museum

Bermain mini golf di HOLEO Golf & Museum di Cideng, Gambir, Jakarta Pusat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Bermain mini golf di HOLEO Golf & Museum di Cideng, Gambir, Jakarta Pusat.

Tempat wisata baru ini menggabungkan konsep mini golf dengan museum bertema makanan penutup alias dessert.

Tempat rekreasi yang baru beroperasi pada 12 November 2022 ini menawarkan beragam aktivitas seru yang cocok untuk semua usia. Mulai dari bermain mini golf, foto di spot estetik, melukis, dan nongkrong di kafe mini.

Marketing Holeo Golf & Museum, Anas menjelaskan, pada lantai pertama, pengunjung bisa bermain mini golf. Sedangkan lantai kedua, terdapat Dessert Museum yang terbagi menjadi tujuh area berisi dekorasi menarik untuk foto-foto sekaligus melukis karya.

Baca juga: 13 Spot Foto Instagramable di Holeo Golf & Museum Jakarta Pusat

"Di lantai pertama, pengunjung bisa bermain mini golf dengan tema empat musim dan full course 18 hole," ujarnya dikutip dari Kompas.com, Senin (19/12/2022).

Lokasinya berada di Jalan Cilamaya No. 3, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat. Jika ingin berkunjung, Holeo Golf & Museum buka setiap hari pukul 09.00 hingga 20.00 WIB

Adapun tiket Holeo Golf & Museum mulai dari Rp 80.000 untuk masing-masing mini golf dan dessert museum, sampai dengan Rp 199.000 untuk unlimited access.

Baca juga: 5 Tips Wisata ke Holeo Golf & Museum, Boleh Bawa Kamera Profesional

2. Kedai Kopi Kuno

Spot foto di Kedai Kopi Kuno, Jakarta Barat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Spot foto di Kedai Kopi Kuno, Jakarta Barat.

Kedai kopi yang satu ini cocok untuk generasi 1980 hingga 1990-an yang rindu dengan permainan lawas. Sesuai namanya Kuno berarti Kopi Untuk Nostalgia.

Sang pemilik Agung HB mengatakan, pendirian tempat ini bermula dari kegemarannya mengoleksi barang-barang zaman dahulu.

“Sebelum buka (kedai) ini, saya sudah koleksi beberapa game retro karena basic saya adalah player game konsol dari SD,” ujar Agung dikutip dari Kompas.com, Senin (9/1/2023).

Baca juga: 5 Aktivitas di Kedai Kopi Kuno, Mainkan Game Hingga Nobar

 

Selain konsep yang unik, tempat nongkrong ini menjajakan makanan dan minuman ramah kantong. Pengunjung bisa nongkrong sambil menikmati jajanan mulai Rp 15.000 saja.

Saat menyambangi Kedai Kopi Kuno, pengunjung akan menemukan berbagai mainan jadul seperti nintendo, dingdong, dan lainnya.

Kedai Kopi Kuno berada di Latumenten VI Gg. 2 No 9, RT 9/RW 5, Jelambar, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Jam bukanya setiap hari mulai pukul 18.15 WIB hingga pagi.

Baca juga: Kedai Kopi Kuno, Berawal dari Hobi Koleksi Game Jadul

3. Halte Tosari

Pengunjung Halte Tosari sedang berfoto di bagian anjungan dengan landskap pemandangan Patung Selamat Datang.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Pengunjung Halte Tosari sedang berfoto di bagian anjungan dengan landskap pemandangan Patung Selamat Datang.

Usai direvitalisasi sejak April 2022, Halte Tosari baru resmi dibuka untuk umum pada Senin (26/12/2022). Dengan wajah baru, Halte Tosari bukan lagi hanya tempat pemberhentian bus Transjakarta, tetapi juga sebagai spot Instagramable.

Mengutip Kompas.com (4/1/2023), arsitektur Halte Tosari menyerupai kapal pesiar. Ada dua anjungan di halte yang berada di Jalan MH. Thamrin ini, yakni menghadap ke arah Monumen Selamat Datang dan gedung bertingkat.

Selain unik, Halte Tosari juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas bagi pengunjung, meliputi toilet, toilet khusus disabilitas, dan mushala. Semua fasilitas tersebut berada di lantai dua.

Baca juga: 6 Tips ke Halte Tosari Jakarta, Pilih Waktu Terbaik untuk Foto

 

4. One Satrio

Kawasan One Satrio di Mega Kuningan, Jakarta SelatanKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Kawasan One Satrio di Mega Kuningan, Jakarta Selatan

Ada ruang terbuka baru di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, yaitu One Satrio. Tempat hangout baru ini dibuka pada pertengahan Desember 2022.

Mengutip Kompas.com (26/12/2023), pihak pengelola PT Jakarta Setiabudi Internasional mengusung konsep breathable space pada kawasan terbuka hijau seluas 3,8 hektar ini.

“Jadi kami memang kasih fasilitas ruang terbuka yang begitu banyak, karena waktu Covid-19 kemaren permintaan akan ruang terbuka meningkat,” ujar DGM Facility Management PT Jakarta Setiabudi Internasional, Risnanty K Putri dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: One Satrio, Tempat Nongkrong Baru di Pusat Kota Jakarta

Lokasi One Satrio terletak di kawasan CBD, Jalan Mega Kuningan, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Tempat ini buka mulai pukul 05.30 WIB hingga 22.30 WIB, dan bisa dikunjungi secara gratis oleh siapa saja. Pengunjung bisa menemui berbagai fasilitas di One Satrio, seperti jogging track, playground, pet park, area multifungsi bernama Central Garden, serta aneka gerai makanan dan minuman.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com