Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengunjungi Vihara Hok Tek Tjeng Sin, Hidden Gem di Jantung Tanah Abang

Kompas.com - 20/01/2023, 08:37 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada yang menarik dari Vihara Hok Tek Tjeng Sin di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Rasanya tepat menyebutnya sebagai "hidden gem" karena perjalanan menemukannya tidak mudah, namun tampilan bangunannya cukup unik dan punya warna mencolok.

Baca juga: Sejarah Kelenteng Tertua di Tangerang Boen Tek Bio, sejak 1684

Bermodalkan aplikasi peta digital, Kompas.com mencoba menjajal rute yang tertera menuju Vihara Hok Tek Tjeng Sin pada Kamis (19/1/2023).

Tentunya dengan bertanya kanan-kiri pada pedagang di kompleks pasar tradisional Tanah Abang, tibalah di depan gerbang wihara, yang seolah menepi dari tengah riuhnya aktivitas jual beli.

Sepasang patung ciok say (singa kilin) tampak berjaga di depan Vihara Hok Tek Tjeng Sin. Patung ciok say jantan memegang bola dan bet, sedangkan patung betina tampak memegang anaknya.

Depan Vihara Hok Tek Tjeng Sin yang dipenuhi sepeda motor parkir, Kamis (19/1/2023).Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Depan Vihara Hok Tek Tjeng Sin yang dipenuhi sepeda motor parkir, Kamis (19/1/2023).

Dewi, salah satu pengurus yang juga tinggal di Vihara Hok Tek Tjeng Sin, menyampaikan, sebagian besar umat yang beribadah di sana adalah para pedagang pasar. Sebab, wihara itu berlokasi di tengah pasar dan agak tersembunyi dari keramaian.

"Paling pedagang-pedagang sekitar, sih, yang sembahyang di sini. Kalau dari luar jarang, soalnya kan agak tersembunyi," tuturnya saat ditemui Kompas.com, Kamis.

Baca juga:

Di samping itu, parkiran kendaraan roda empat juga tidak tersedia.

Sebab, jalanan sekitar wihara yang sempit telah dipenuhi aneka kios kaki lima. Mulai dari penjual gorengan, buah-buahan, hingga pakaian.

Bahkan, sepetak lahan di depan wihara pun digunakan sebagai kantong parkir sepeda motor. Di jalanan, masyarakat tampak sibuk lalu-lalang menggeret gerobak dan kardus-kardus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com