Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NTT Targetkan 1 Juta Kunjungan Wisatawan Tahun 2023

Kompas.com - 25/01/2023, 20:56 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebanyak 1 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) ditargetkan mengunjungi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tahun 2023.

"Tahun ini kami targetkan kunjungan wisatawan asing maupun domestik ke NTT capai 1 juta orang, meningkat dari capaian kunjungan pada 2022 sekitar 800.000-an orang," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Zet Soni Libing, dikutip dari Antara, Rabu (25/1/2023).

Baca juga:

Pihaknya pun berupaya mempromosikan daya tarik wisata yang ada, antara lain melalui media sosial dan berbagai acara tingkat nasional serta internasional.

Tidak hanya itu, kata dia, Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Kabupaten di NTT juga menggaet wisatawan melalui berbagai acara dan festival.

Beberapa festival tersebut, di antaranya Festival Pah Meto dan Festival Musim Dingin di Pulau Timor, Festival Kelabba Madja di Sabu Raijua, Festival Pasola di Pulau Sumba, serta Festival Kelimutu dan Festival Golo Koe di Pulau Flores.

Baca juga: Ketahui 5 Hal Tentang Mawar, Dugong Langka di Selat Pantar Alor

Foto : Peserta Festival Golo Koe Labuan Bajo menampilkan formasi berbentuk Lodok di Waterfront Labuan Bajo, pada Sabtu (13/8/2022)Dokumen Panitia Pelaksana Festival Golo Koe Labuan Bajo Foto : Peserta Festival Golo Koe Labuan Bajo menampilkan formasi berbentuk Lodok di Waterfront Labuan Bajo, pada Sabtu (13/8/2022)

Selanjutnya ada juga Festival Dugong dan Al-Quran Tua di Alor, serta kegiatan rohani Semana Santa di Kabupaten Flores Timur.

Soni pun berharap, status pandemi Covid-19 yang berubah menjadi endemi bisa melancarkan akses masuk wisman ke Indonesia, termasuk ke NTT.

Baca juga:

"Kami terus berupaya agar semakin banyak wisatawan yang datang menikmati keindahan wisata di NTT sambil berbelanja sehingga menambah pendapatan ekonomi bagi masyarakat NTT," tuturnya.

Sebagai informasi, NTT memiliki 1.390 tempat wisata yang tersebar di 22 kabupaten/kota, dengan daya tarik wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, dan wisata minat khusus.

Baca juga: Pesona Air Terjun Cunca Murung yang Dekat Sawah di NTT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com