Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Bersepeda di Shimanami Kaido, Jepang yang Banyak Digemari Turis Indonesia

Kompas.com - 29/01/2023, 12:01 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mencari pengalaman baru berwisata di tempat antimainstream di Jepang dapat dilakukan dengan bersepeda di kawasan Shimanami Kaido

Seperti disampaikan Executiver Director Japan National Tourism Organization (JNTO) Tamaki Hatakenaka, wisatawan Indonesia ternyata banyak yang menyukai kegiatan bersepeda di kawasan Shimanami di barat Jepang. 

"Shimanami ada di barat Jepang, sekitar 60 kilometer dekat Hiroshima. (Kawasan) ini terkenal untuk bersepeda, banyak juga pesepeda Indonesia yang suka," kata dia dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (26/1/2023). 

Baca juga:

Sebagai informasi, Shimanami Kaido merupakan salah satu rute bersepeda paling termasyhur dan menawan di Jepang, seperti dikutip dari Tsunagu Japan (24/6/2022) dan Japan Travel

Melintasi enam pulau, rute ini menyuguhkan pemandangan laut yang sangat indah dan dapat diselesaikan dalam satu hari.

Digemari banyak pesepeda

Tidak hanya disenangi turis Indonesia, Shimanami Kaido juga terkenal di kalangan penggemar sepeda di seluruh dunia.

Pengayuh sepeda profesional biasanya dapat menyelesaikan perjalanan sepanjang kurang lebih 60 kilometer (km) ini dalam waktu sekitar empat jam.

Rute bersepeda di Shimanami Kaido, Jepang. Shutterstock Rute bersepeda di Shimanami Kaido, Jepang.

Rute Shimanami Kaido menghubungkan pulau Honshu dan Shikoku. Rute populer biasanya dimulai dari kota Onomichi di Honshu, dengan destinasi akhir kota Imabari di Shikoku.

Jika berangkat dari Onomichi dan hanya melintasi rute utama, kamu akan melewati beberapa pulau dengan urutan Mukaishima, Innoshima, Kuchijima, Omishima, Hakatajima, dan Oshima.

Baca juga: April Jadi Bulan Favorit Turis Asing ke Jepang, Apa Alasannya?

Rute sepeda cukup mudah

Jembatan dan jalanan di destinasi ini masih baru dan sangat terpelihara, dilengkapi dengan rest area di sepanjang rute. Dikhususkan untuk pesepeda, sebagian besar jalurnya memang eksklusif. 

Jalanannya berliku di atas pegunungan, dengan latar belakang hutan maupun pantai. Sehingga, wisatawan bisa jalan santai sambil menikmati pemandangan Laut Seto yang membentang indah.

Baca juga: Tahun 2023, Bunga Sakura di Jepang Akan Mekar mulai Maret

Adapun sebenarnya sangat banyak pilihan rute yang tersedia untuk menyebrangi pulau. Namun, bagi yang ingin mengambil rute paling dasar, bisa mengikuti garis biru di sepanjang jalan.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com