Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiwu Empo dan Gua Liang Rodak, Tempat Camping Baru di Labuan Bajo

Kompas.com - 31/01/2023, 12:08 WIB
Nansianus Taris,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), tidak hanya memiliki pantai tapi juga lokasi berkemah atau camping ground. Namanya Tiwu Empo dan Gua Liang Rodak.

Berlokasi di Golo Sepang di Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, dua camping ground baru ini pas dikunjungi oleh wisatawan pencinta alam.

Baca juga:

"Tempat ini memiliki suasana panorama alam yang sejuk dan bersih," kata Ketua OMK Stasi Paulus Terang, Benyamin Ewa, kepada Kompas.com, Selasa (31/1/2023).

Ia menambahkan, area berkemah ini memiliki panorama indah yang masih asri lantaran belum banyak disentuh tangan manusia.

Baca juga: Liburan Hemat ke Labuan Bajo dari Jakarta Bisa Naik Apa?

Wisatawan bisa berkemah di area yang luas dikelilingi pepohonan rimbun. Ada pula gua yang menjadi tempat tinggal dan tiwu (kolam) yang berair jernih nan segar. Wisatawan bisa berenang sepuasnya di kolam tersebut.

Tidak hanya itu, kata dia, tempat ini juga pernah dikunjungi wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.

Baca juga:

Khususnya mahasiswa Poltek Labuan Bajo didampingi dosen, siswa SMK 3 Kaper, kelompok milenial Wae Bobok, dan perwakilan dari Dinas Kesatuan Pengelolaan Hutan Manggarai Barat.

"Kunjungan tersebut terasa lengkap karena salah satu tamu asing dari Amerika Serikat namanya Riley. Mereka datang camping bersama di Tiwu Empo dan Gua Liang Rodak kemarin," terangnya.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat ke Labuan Bajo? Ini Rekomendasi Bulannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com