Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga: 1 Bulan PPKM Dicabut, Pariwisata dan Ekraf Naik Signifikan

Kompas.com - 31/01/2023, 17:46 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, pencabutan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdampak secara signifikan terhadap sejumlah indikator pariwisata, termasuk tingkat okupansi hotel di sejumlah daerah favorit di Indonesia.

Dikutip dari Tribunnews, Sandiaga menyebutkan, daerah-daerah tersebut antara lain Bandung, Yogyakarta, dan Bali.

Baca juga:

Adapun pemerintah mencabut PPKM sejak Desember 2022 lalu.

"Setelah 1 bulan PPKM dihentikan maka aktivitas ekonomi khususnya di pariwisata dan ekonomi kreatif meningkat secara signifikan dengan tingkat hunian kamar mencapai angka 80 sampai 90 persen di beberapa destinasi, dan untuk destinasi favorit: Bandung, Yogyakarta, dan Bali malah mencapai angka 100 persen," ucap Sandiaga di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/1/2023), seperti dikutip Tribunnews.

Target 7,4 wisatawan pada 2023

Adapun pemerintah menargetkan 7,4 juta wisatawan pada 2023, dengan pergerakan wisatawan nusantara di angka 1,4 miliar.

Ilustrasi wisatawan mancanegara di Seminyak, Bali.Dok. Shutterstock/AsiaTravel Ilustrasi wisatawan mancanegara di Seminyak, Bali.

Menurut Sandiaga, target tersebut naik secara signifikan diikuti dengan penerapan sejumlah kebijakan, seperti penambahan jumlah penerbangan dan percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata.

Selain itu, juga dengan penyederhanaan aturan dan memberikan kemudahan pada penyelenggara acara-acara.

Baca juga:

Hal itu diharapkan dapat memicu lebih banyak kegiatan MICE (meeting, incentive, convention, exhibition), ajang berbasis musik, serta olahraga.

"Diharapkan bisa mendorong terciptanya wisata mancanegara kunjungannya 7,4 juta di batas atas dan pergerakan wisatawan nusantara di angka 1,4 miliar pergerakan wisata nusantara," katanya.

Terakhir, pemerintah juga menargetkan lebih banyak penciptaan lapangan kerja dan program unggulan, seperti pemberdayaan UMKM dan desa wisata di desa kreatif.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com