Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulawesi Tenggara Sasar 6,6 Juta Kunjungan Wisatawan pada 2023

Kompas.com - 01/02/2023, 23:56 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 6,6 juta kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) menjadi target Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tenggara pada tahun 2023.

Target tersebut adalah bagian dari agenda Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang didorong oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga:

"Bapak Presiden mengajak kita semua untuk berwisata di dalam negeri saja, dalam pidato beliau secara khusus menyebut Wakatobi. Namun, kita di Sulawesi Tenggara punya kawasan wisata lainnya yang menyangga Wakatobi," terang Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tenggara, Belli Tombili, dikutip dari Antara, Rabu (1/2/2023).

Terdapat beberapa strategi guna mencapai target jumlah kunjungan wisnus tersebut yaitu melalui kampanye, integrasi dengan promo paket wisata, transportasi yang efisien dan terjangkau, serta aspek keberlanjutan. 

Baca juga: Layang-layang Tertua di Dunia Berasal dari Sulawesi Tenggara?

Ada pula kegiatan bulanan tematik yang merupakan bagian dari BBWI, misalnya pada bulan Februari pihaknya akan memasarkan produk wisata petualangan dalam acara ASEAN Tourism Fair (ATF) di Yogyakarta. 

Hutan mangrove di Pulau Kaledupa, Kabupaten Wakatobi dilindungi dengan aturan adat agar tetap terjaga kelestariannya. Zintan Prihatini/KOMPAS.com Hutan mangrove di Pulau Kaledupa, Kabupaten Wakatobi dilindungi dengan aturan adat agar tetap terjaga kelestariannya.

"Selain itu, kita juga memiliki dua event (acara) yang telah masuk dalam kalender wisata nasional yakni Wakatobi Wave dan Festival Kande-Kandea di Tolandona, Buton Tengah," tutur Belli.

Ia menambahkan, ada tujuh kawasan wisata yang bisa dikunjungi wisatawan, sekaligus tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 310 Tahun 2022 tentang Penetapan Destinasi Pariwisata Prioritas Provinsi Sulawesi Tenggara Penyangga Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Wakatobi.

Baca juga:

"Kita menyebutnya sebagai seven wonders Sultra yang tersebar di seluruh wilayah yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara," ujarnya.

Ketujuh kawasan itu yakni Koridor Wisata Teluk Kendari-Toronipa-Labengki; Benteng Keraton Wolio-Lambusango; Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai; Pulau Padamarang; Kawasan Karst Pulau Muna; Kawasan Karst Matarombeo; dan Kawasan Mangrove Buton Utara.

Baca juga: Sultra Tenun Karnaval di Sulawesi Tenggara Digelar untuk Majukan Pariwisata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com