Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Pasar Seni Sukawati di Bali yang Baru Diresmikan Jokowi

Kompas.com - 02/02/2023, 13:27 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Usai revitalisasi, Pasar Seni Sukawati di Gianyar, Bali, diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (1/2/2023). 

Pasar yang telah berdiri sejak tahun 1985 ini sempat mengalami kerusakan dan kini pembangunannya telah selesai dilakukan, seperti dikutip laman Sekretariat Presiden.

Baca juga:

“Inilah pasar rakyat yang kita harapkan gaungnya Pasar Sukawati ini akan makin baik ke depannya,” tutur Jokowi dalam sambutannya saat peresmian pada Rabu (1/2/2023).

 

Pasar ini menjual berbagai kerajinan seni khas Bali, seperti sandal manik-manik, pakaian, tas, lukisan, dan patung kayu.

Berikut beberapa informasi dan fakta seputar Pasar Seni Sukawati yang menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk membeli oleh-oleh. 

Fakta Pasar Seni Sukawati Gianyar Bali

1. Alamat dan jam buka

Pasar Seni Sukawati Gianyar BaliKementrian PUPR Pasar Seni Sukawati Gianyar Bali

Alamat Pasar Seni Sukawati adalah di Jalan Raya Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Jaraknya sekitar 16 kilometer (km) dari Kota Denpasar dan sekitar 30 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Dari bandara, pasar ini bisa dicapai dalam waktu kurang lebih 50 menit.

Secara garis besar, Pasar Seni Sukawati buka setiap hari, pukul 06.00-18.00 Wita

Baca juga: Lokasi Syuting MV Sugar Rush Ride TXT di Bali, Pantai hingga Savana 

2. Memiliki arsitektur khas Bali dan tempat parkir basement

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, konsep Pasar Seni Sukawati merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

Ia menerangkan, desain Pasar Seni Sukawati tetap mengedepankan arsitektur dan kearifan lokal Pulau Dewata, sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (8/2/2021). 

Dengan begitu, selain sebagai pusat kegiatan ekonomi, Pasar Seni Sukawati juga diharapkan dapat menjadi obyek wisata di Gianyar dengan lokasi di jalur pariwisata menuju Kintamani dan Ubud.

Baca juga: 25 Destinasi Wisata Terpopuler Dunia 2023 Versi TripAdvisor, Ada Bali

"Saya kira Pasar Sukawati ini merupakan yang terbaik, the best. Kalau biasanya pasar hanya terdiri dari satu massa gedung, di sini ada tiga bangunan, yakni Blok A, B, dan C," kata Basuki yang mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian Pasar Seni Sukawati. 

Selain itu, kata dia, di bawahnya terdapat terowongan dan basement parking (area parkir bawah tanah) sehingga tidak mengganggu lalu lintas. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com