Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imlek dan Cap Go Meh Singkawang Masuk 10 Besar Event Terbaik KEN 2023

Kompas.com - 02/02/2023, 15:08 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Festival Imlek dan Cap Go Meh diota Singkawang, Kalimantan Barat masuk dalam daftar 10 besar event terbaik dalam agenda Karismatik Event Nasional 2023 atau KEN 2023, yang diumumkan Minggu (29/1/2023).

Festival tersebut diselenggarakan mulai dari 22 Januari hingga 5 Februari 2023.

Baca juga: 4 Daerah dengan Perayaan Cap Go Meh Meriah, Ada Bogor dan Singkawang

Adapun KEN adalah program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang digelar untuk mengembangkan event di seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah, Festival Imlek dan Cap Go Meh Singkawang masuk dalam 10 event terbaik di agenda KEN," ucap Penjabat Wali Kota Singkawang, Sumastro di Singkawang, Rabu (1/2/2023), seperti dikutip Antara.

Baca juga: 4 Beda Imlek dan Cap Go Meh, Jangan Sampai Keliru

Ia menambahkan, KEN memberikan dampak signifikan terhadap pergerakan wisatawan nusantara, peningkatan ekonomi, dan sektor lapangan kerja.

Pada KEN 2023, ada 110 event yang digelar sepanjang tahun dan berasal dari 38 provinsi.

Adapun Singkawang merupakan pusat perayaan Cap Go Meh di Indonesia, seperti dikutip Kompas.com (19/2/2019). Event ini sudah begitu populer di kalangan wisatawan, baik dalam maupun luar negeri.

Kemeriahan pawai lampion dalam rangkaian puncak perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2569 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat (28/2/2018). Ribuan masyarakat dan wisatawan tumpah ruah menyaksikan perhelatan akbar tahunan di Kota Singkawang itu.KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Kemeriahan pawai lampion dalam rangkaian puncak perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2569 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat (28/2/2018). Ribuan masyarakat dan wisatawan tumpah ruah menyaksikan perhelatan akbar tahunan di Kota Singkawang itu.

Beberapa pertunjukan yang rutin digelar pada penyelenggaraan Cap Go Meh Singkawang seperti pawai tatung, festival lampion, serta ritual buka mata naga.

Dikutip dari Antara, tahun ini perayaan Cap Go Meh di Singkawang akan lebih meriah, setelah dicabutnya aturan Pemberlakuan Pembatasan Keguatan Masyarakat (PPKM). 

Baca juga: Cap Go Meh 2023, Festival Tatung Bakal Digelar di Bengkayang Kalbar

Lampion akan kembali dipasang di sejumlah ruas jalan untuk meramaikan perayaan.

"Seperti biasanya, ribuan lampion ini akan dipasang di beberapa ruas jalan, seperti bundaran 1001 Sakok, Jalan Diponegoro, Jalan Budi Utomo, Jalan Setia Budi, Jalan Niaga, dan Jalan GM Situt," ujar Wakil Ketua Umum Perayaan Imlek dan Cap Go Meh Singkawang Tjhai Chui Mie, seperti dikutip Antara.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com