Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buana Life Pangalengan, Restoran ala Rumah Adat Papua di Tanah Sunda

Kompas.com - 02/02/2023, 15:28 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Wisatawan yang berkunjung ke Pangalengan pastinya mudah menemukan restoran khas Sunda, dengan ciri khas berbentuk saung atau rumah gubug kecil.

Namun, jika kamu tengah mencari restoran unik di Pangalengan, maka Buana Life bisa menjadi alternatif. Alih-alih mengusung nuansa Tanah Sunda, restoran ini memiliki konsep rumah adat Papua, Honai.

Baca juga: 9 Wisata Pangalengan yang Lagi Hits, Ada Jembatan di Tengah Kebun Teh

Admin Buana Life, Dede Silmi Azis Somantri mengatakan, ide tersebut muncul karena pengelola ingin mendirikan restoran unik yang memiliki konsep berbeda dari tempat makan lain di Pangalengan.

“Kami melihat di Pangalengan tempat wisata (restoran), belum ada yang agak unik, makanya kami buat Buana Life beda dari yang lain. Konsep Buana Life ini identik dengan Papua,” terang Dede kepada Kompas.com, Kamis (2/2/2023).

Baca juga: Taman Langit Pangalengan, Indahnya Panorama Samudra Awan yang Memesona

Buana Life, restoran di Pangalengan, Bandung yang mengusung konsep rumah adat PapuaDok. Instagram @buanalife Buana Life, restoran di Pangalengan, Bandung yang mengusung konsep rumah adat Papua

Namun, lanjut Dede, Buana Life tidak meninggalkan ciri khas Sunda. Oleh sebab itu, pihak pengelola menggunakan atap rumbia atau dikenal sebagai hateup dalam bahasa Sunda.

“Kami menggunakan hateup, yang diproduksi langsung dari Suku Baduy,” tutur Dede.

Saat ini, terdapat lima bangunan tenda yang bentuknya menyerupai rumah adat Papua di Buana Life. Pengunjung bisa menyantap hidangan di dalam bangunan berkapasitas maksimal 10 orang itu.

“Untuk makan di tenda kami ada minimal order di weekend yaitu Rp 200.000. Kalau weekday tidak ada minimal order,” jelas Dede.

Baca juga: Wisata Wayang Windu Panenjoan di Pangalengan yang Instagramable

Selain menikmati aneka makanan dan minuman, pengunjung Buana Life bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Tilu, menonton live music setiap akhir pekan, atau bermain di kolam koi. Buana Life juga menyediakan fasilitas gathering, foto prewedding, dan wedding.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com