Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Ajak Delegasi ATF 2023 ke Desa Nglanggeran dan Beli Produk UMKM

Kompas.com - 03/02/2023, 20:42 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak para delegasi ASEAN Tourism Forum 2023 (ATF 2023) untuk mengeksplorasi destinasi-destinasi unggulan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang merupakan tuan rumah perhelatan regional tersebut. Salah satunya adalah Desa Nglanggeran di Gunungkidul.

Hal itu diungkapkan Sandiaga ketika memberikan sambutan pada pembukaan ATF 2023, Jumat (3/2/2023) malam.

"Saya mengajak para delegasi untuk mengunjungi Desa Nglanggeran di Gunungkidul sebagai salah satu desa terbaik di ASEAN," ujar Sandiaga di Prambanan, Yogyakarta, seperti disiarkan dalam YouTube Kemenparekraf, Jumat.

Baca juga:

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, Nglanggeran merupakan desa dengan konsep pariwisata komunitas (community-based tourism/CBT) yang pada 2021 lalu mendapatkan penghargaan desa wisata terbaik dari Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membuka secara resmi konferensi internasional Southeast Asia Business Event Forum (SEABEF) di Hotel Grand Rohan Yogyakarta, Jumat (3/2/2023).DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membuka secara resmi konferensi internasional Southeast Asia Business Event Forum (SEABEF) di Hotel Grand Rohan Yogyakarta, Jumat (3/2/2023).

Selain itu, Sandiaga juga menyinggung banyaknya produk kreatif lokal di DIY yang dapat dibeli oleh para delegasi.

Ia mengimbau para delegasi agar tidak hanya melihat-lihat tapi juga ikut membeli produk lokal untuk membantu membangkitkan kembali perekonomian lokal, khususnya produk Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM).

Baca juga:

"Saya mengimbau para delegasi menjadi "rojali". Apa itu rojali? Rombongan yang jajan-jajan dan beli-beli."

"Artinya saya mengimbau Anda untuk membeli produk-produk lokal, menghabiskan uang, mencari pengalaman berbelanja, dan membantu perekonomian lokal dengan membeli produk lokal, khususnya UMKM," kata dia.

Adapun ATF 2023 digelar hingga 5 Februari 2023 di Yogyakarta. Dalam pidato pembukaan ATF 2023, Sandiaga juga mengungkapkan sejumlah strategi penting untuk mencapai pemulihan pariwisata pascapandemi Covid-19.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Untuk percepatan pemulihan pariwisata Sandiaga menyebut tiga upaya, yakni aksi cepat, membangun kolaborasi antarpemangku kepentingan, serta membangun inklusivitas untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja di lintas sektor.

Baca juga: Daftar Negara Anggota ASEAN dan Profil Singkatnya

Selain itu juga fokus pada tiga agenda prioritas, yakni pemulihan dan membangun kembali, transformasi digital, serta keberlanjutan.

"Agenda prioritas ini akan menjadi kunci untuk melanjutkan proyek pembangunan kita, kebangkitan, dan pariwisata yang berkelanjutan," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com