Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN Punya Banyak Destinasi Indah yang Diakui Dunia

Kompas.com - 04/02/2023, 07:36 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Masuknya destinasi-destinasi negara ASEAN di daftar penghargaan pariwisata dunia menjadi salah satu hal yang disinggung dalam pembukaan ASEAN Tourism Forum 2023 (ATF 2023).

Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN, Satvinder Singh mengungkapkan, hal itu menjadi salah satu keunggulan yang dapat mempercepat pemulihan pariwisata ASEAN untuk mengejar level sebelum pandemi Covid-19.

Baca juga: ASEAN Tourism Forum 2023 di Yogya Dimulai, Ada Pameran Parekraf Selama 4 Hari

Satvinder menyebutkan ada lima negara ASEAN yang menyumbangkan destinasi ke dalam daftar 50 Tempat Paling Indah di Dunia untuk Dikunjungi versi Forbes.

Beberapa destinasi tersebut antara lain Raja Ampat di Indonesia, Teras Sawah Batad di Filipina, Batu Caves di Malaysia, dan Bangkok di Thailand.

Selain itu, belum lama ini TripAdvisor juga merilis Destinasi Wisata Terpopuler Dunia 2023 dan menyertakan enam destinasi di ASEAN.

Beberapa destinasi ASEAN yang masuk dalam daftar tersebut antara lain Bali di Indonesia, Phuket dan Bangkok di Thailand, serta Hanoi di Vietnam.

"Saya rasa, tidak ada kawasan wisata lain yang memiliki tujuan regional yang jaraknya begitu dekat, namun begitu kaya dan beragam dalam hal budaya, situs sejarah, masakan, lanskap, kota metropolitan modern," ujar Satvinder di Prambanan, Yogyakarta, Jumat (3/2/2023).

Ia juga mengaitkan keunggulan tersebut dengan tagline ASEAN, yakni "ASEAN: a Destination for Every Dream (ASEAN: Destinasi untuk Setiap Mimpi)".

Baca juga:

Ia pun mengajak semua pemangku kepentingan untuk terus mempromosikan destinasi-destinasi di ASEAN demi mempercepat pemulihan.

"Saya mengajak semua pemangku kepentingan untuk terus mempromosikan kawasan kita ke luar dan mengirimkan sinyal kuat pada dunia bahwa kita siap dan telah membuka perbatasan kita dengan aman," tegasnya.

Adapun ATF 2023 digelar hingga 5 Februari 2023 di Yogyakarta. ATF 2023 dibuka langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno turut menyampaikan pidato pembuka pada kesempatan tersebut. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com