Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Plunyon Lokasi Syuting KKN di Desa Penari Buka Lagi untuk Umum

Kompas.com - 04/02/2023, 15:08 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Obyek wisata alam (OWA) Plunyon Kalikuning di Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dibuka lagi untuk umum mulai Jumat (3/2/2023).

"Iya benar telah dibuka kembali," kata Kasubag TU Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Akhmadi, saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (4/2/2023).

Baca juga:

Sebelumnya, tempat wisata yang menjadi lokasi syuting film KKN di Desa Penari itu tutup sementara sejak pertengahan Desember 2022 akibat longsor di sejumlah titik, yang mengakibatkan kerusakan di beberapa bagian.

"Pasca-banjir longsor di OWA Plunyon yang terjadi pada tanggal 27 Desember 2022, mengakibatkan kerusakan pada pipa saluran air PDAM, saluran air untuk masyarakat Desa Umbulharjo, serta jembatan Plunyon," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Karyadi, dalam keterangannya, Jumat (3/2/2023).

Baca juga: Mampir ke Jembatan Plunyon, Lokasi Syuting KKN di Desa Penari

Jembatan Plunyon Kalikuning di Sleman, Yogyakarta yang viral karena menjadi salah satu lokasi syuting film KKN di Desa Penari.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Jembatan Plunyon Kalikuning di Sleman, Yogyakarta yang viral karena menjadi salah satu lokasi syuting film KKN di Desa Penari.

Setelah peristiwa tersebut, Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Cangkringan telah berkoordinasi dengan Lurah Umbulharjo serta instansi terkait di wilayah Kapanewon Cangkringan.

Koordinasi tersebut guna melaksanakan kerja bakti pembersihan longsoran tanah, perbaikan pipa air, dan perbaikan pengaman Jembatan Plunyon.

Baca juga:

Perbaikan juga dilakukan untuk papan informasi di beberapa titik, serta membuat jadwal penjagaan petugas pelayanan pengunjung.

Saat ini, perbaikan telah selesai dan Plunyon Kalikuning siap menerima wisatawan.

Kendati begitu, pengunjung diminta tetap berhati-hati serta tetap memperhatikan imbauan yang disampaikan petugas di lokasi.

"Pengunjung harap tetap memerhatikan keamanan dan keselamatan masing-masing, serta memerhatikan aturan/himbauan dari petugas OWA Plunyon," pungkas Karyadi.

Baca juga: Harga Tiket Plunyon Kalikuning, Lokasi Syuting KKN di Desa Penari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com