Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Fasilitas di TN Komodo Perlu Dibenahi Demi Kenyamanan Wisatawan

Kompas.com - 05/02/2023, 17:05 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Naturalis guide di Taman Nasional (TN) Komodo meminta pihak terkait agar membenahi sejumlah fasilitas di Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Para naturalist guide menemukan sejumlah fasilitas yang harus dibenahi, yakni toilet dan papan informasi bagi wisatawan yang berkunjung ke TN Komodo.

Salah seorang naturalist guide bernama Dedy menyebutkan, toilet untuk wisatawan dan papan informasi di TN Komodo harus segera dibenahi demi kenyamanan wisatawan.

Baca juga: Pembangunan di Pulau Rinca, TN Komodo, Sudah Lalui Kajian Dampak Lingkungan

"Perlu dan harus diperbaiki itu soal toilet untuk wisatawan. Selain itu juga ada papan informasi. Nanti kita bisa buatkan papannya dan gambar-gambarnya bisa dicetak," ujar Dedy saat ditemui di Labuan Bajo, Sabtu (4/2/2023).

Ia pun berharap, apa yang disampaikan itu bisa menjadi perhatian pemerintah melalui lembaga yang mengurus Taman Nasional Komodo.

Segera perbaiki fasilitas di TN Komodo

Menanggapi hal tersebut, Direktur Operasional PT Flobamor Abner Runpah mengatakan bahwa pembenahan sejumlah fasilitas di kawasan Taman Nasional Komodo menjadi bagian dari agenda badan usaha milik daerah milik Pemerintah Provinsi NTT itu.

Ia pun mengapresiasi para naturalist guide mampu melihat dan menginformasikan terkait hal-hal yang harus dibenahi di Kawasan Taman Nasional Komodo.

Baca juga: Sampah Plastik Masih Jadi Masalah di Area Konservasi TN Komodo

"Intinya kita sudah dapat informasi dari para naruralist guide. Kita akan perbaiki apa-apa saja yang masih kurang," ujar Runpah saat dihubungi, Sabtu sore.

Menurutnya, sejumlah fasilitas seperti toilet dan papan informasi akan secepatnya dibenahi agar bisa memberikan kenyamanan kepada wisatawan saat berkunjung di kawasan Taman Nasional Komodo.

Pulau Padar merupakan salah satu wilayah di Taman Nasional Komodo yang akan diterapkan pembatasan pengunjung. Zintan Prihatini/KOMPAS.com Pulau Padar merupakan salah satu wilayah di Taman Nasional Komodo yang akan diterapkan pembatasan pengunjung.

"Secepatnya kita perbaiki. Kita ingin dan pastikan wisatawan nyaman berkunjung di TN Komodo," tegasnya

Pihak berkomitmen, akan tetap menjaga dan membenahi sejumlah hal yang masih kurang di kawasan TN Komodo.

Baca juga: Harga Tiket Batal Naik, TN Komodo Akan Terapkan Sistem Antrean

"Ini tanggung jawab kita bersama. Tentu akan kami benahi hal yang masih kurang," imbuhnya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com