Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneka Pertunjukan Seni Budaya Meriahkan Cap Go Meh Bogor 2023

Kompas.com - 06/02/2023, 13:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beragam penampilan seni dan budaya turut memeriahkan perayaan Bogor Street Festival Cap Go Meh 2023 pada Minggu (5/2/2023).

Digelar di sepanjang Jalan Surya Kencana hingga Siliwangi, Bogor, kegiatan berlangsung selama delapan jam.

Baca juga: Kemeriahan Cap Go Meh 2023 di Bogor, Beda dari Tahun-tahun Sebelumnya

Adapun Ketua Panitia Cap Go Meh-Bogor Street Festival 2023 Arifin Himawan mengatakan, acara ini didukung sekitar 5.000 pengisi acara.

“Sebanyak 20 tandu diarak, 26 tim barongsai dan naga juga tampil mengiringi arakan ini,” ujar Arifin kepada Kompas.com, Minggu.

Angkat keragaman masyarakat

Dari pantauan Kompas.com, masyarakat sudah memadati area pintu gerbang masuk Surya Kencana sejak sekitar pukul 14.00 WIB.

Antusias warga menyaksikan pawai seni budaya pada perayaan puncak Cap Go Meh Bogor Street Festival (CGM-BSF) 2023 di Jalan Suryakencana, Bogor Tengah, Kota Bogor, Minggu (5/2/2023). Atraksi seni budaya seperti Ogoh-ogoh dari Bali, Kendang Beleq dari Lombok, dan Bouraq dari Cirebon, Ondel-ondel Betawi, Reog Ponorogo, serta belasan pertunjukan dari sanggar kesenian dari Jawa Barat dan sekitarnya memeriahkan acara ini.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Antusias warga menyaksikan pawai seni budaya pada perayaan puncak Cap Go Meh Bogor Street Festival (CGM-BSF) 2023 di Jalan Suryakencana, Bogor Tengah, Kota Bogor, Minggu (5/2/2023). Atraksi seni budaya seperti Ogoh-ogoh dari Bali, Kendang Beleq dari Lombok, dan Bouraq dari Cirebon, Ondel-ondel Betawi, Reog Ponorogo, serta belasan pertunjukan dari sanggar kesenian dari Jawa Barat dan sekitarnya memeriahkan acara ini.

Sekitar pukul 16.00 WIB, gelaran Bogor Street Festival Cap Go Meh 2023 akhirnya mulai dibuka.

Saat pembukaan, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengingatkan semua warga yang hadir menonton acara CapGoMeh-Bogor Street Festival 2023 tak hanya mencari hiburan atau berburu kuliner.

“Hal yang membedakan Cap Go Meh Bogor Street Festival dengan event lain adalah untuk merayakan keberagaman. Dari ujung sana ke sana hadir untuk merayakan persaudaraan," tutur dia.

Baca juga:

Sebagai informasi, Cap Go Meh adalah hari terakhir perayaan Tahun Baru Imlek bagi warga keturunan China baik yang beragama Buddha, Konghucu, maupun lainnya.

Di China, perayaan Cap Go Meh ditandai dengan festival lampion.

Sedangkan dia Bogor, perayaan Cap Go Meh umumnya ditandai dengan parade gotong tandu patung para dewa serta permainan barongsai dan naga.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Adapun beberapa tahun terakhir ini, parade juga menjadi festival seni budaya Indonesia. Sehingga, aneka ragam seni budaya ikut tampil memeriahkan acara Cap Go Meh di Bogor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com