Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Punya Taksi buat Penumpang yang Enggan Diajak Ngobrol Sopir

Kompas.com - 11/02/2023, 10:03 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Di Jepang, ada taksi yang memiliki layanan khusus buat penumpang yang tidak ingin diajak bicara oleh sopir selama perjalanan. Layanan ini tersedia di Turtle Taxi milik operator taksi di Jepang, Sanwa Koutsu.

Saat naik Turtle Taxi, di hadapan penumpang akan ada layar berisi beberapa pilihan. Mereka yang tidak ingin diajak berbasa-basi bisa menekan pilihan Silent Mode atau Sairento Mōdo (Mode Diam) di kiri bawah.

Baca juga:

"Mode Diam khusus untuk penumpang yang tidak mau mengobrol," bunyi pernyataan dari situs resmi Sanwa Koutsu, dikutip Sabtu (11/2/2023).

Setelah menekan pilihan tersebut, sang sopir pun akan menerima pemberitahuan bahwa penumpangnya sedang ingin berkendara dalam suasana hening saat itu.

Baca juga: Cara Daftar dan Dokumen Apa Saja yang Diperlukan untuk Bikin Visa Jepang

Tombol pilihan layanan di Turtle Taxi yang ada di Jepang, salah satunya Silent Mode yang artinya penumpang sedang tidak ingin diajak ngobrol oleh sopir.Dok. PR Times Tombol pilihan layanan di Turtle Taxi yang ada di Jepang, salah satunya Silent Mode yang artinya penumpang sedang tidak ingin diajak ngobrol oleh sopir.

Layanan ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku perjalanan yang ingin beristirahat sejenak sepanjang perjalanan atau sedang lelah mengobrol dengan orang lain. 

Baca juga:

Selain Mode Diam, taksi tersebut juga menyediakan pilihan lain yakni Turtle Taxi Mode (Mode Taksi Turtle) jika ingin perjalanan yang lebih halus dan tidak terburu-buru, Toasty Mode (Mode Hangat) untuk menaikkan suhu di dalam taksi, dan Chilly Mode (Mode Dingin) untuk menurunkan suhu di dalam taksi.

Dilansir dari Soranews24.com, ada pula pilihan untuk membeli air minum dalam kemasan seharga mulai 100 yen (sekitar Rp 11.556).

Baca juga: 4 Tempat Wisata Populer di Nagano Jepang, Ada Pemandian dengan Monyet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com