Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Dinas Wali Kota Malang Kini Buka untuk Wisata Setiap Hari Minggu

Kompas.com - 12/02/2023, 14:44 WIB
Nugraha Perdana,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Rumah dinas Wali Kota Malang, Sutiaji yang berada di Jalan Besar Ijen Nomor 2, Kecamatan Klojen mendadak menjadi destinasi wisata.

Terlihat, banyak warga mendatangi rumah berstatus cagar budaya itu pada Minggu (12/2/2023).

Sutiaji diketahui telah mengeluarkan kebijakan membuka rumah dinasnya untuk masyarakat umum setiap Minggu mulai pukul 06.00-10.00 WIB selama kegiatan car free day berlangsung.

Baca juga:

Pada Minggu, untuk pertama kalinya rumah dinas Sutiaji dibuka untuk umum. Terlihat warga dapat bercengkerama dan berfoto bersama dengan orang nomor satu di Kota Malang itu.

Beberapa spot foto bisa yang bisa dikunjungi oleh warga, salah satunya teras rumah. Disana terdapat patung singa berwarna emas menyimbolkan semangat pemuda atau Arek Malang layaknya seperti Singo Edan.

Warga berfoto di sekitar halaman rumah dinas Wali Kota Malang, Sutiaji yang berada di Jalan Besar Ijen Nomor 2, Kecamatan Klojen pada Minggu (12/2/2023).KOMPAS.com/ Nugraha Perdana Warga berfoto di sekitar halaman rumah dinas Wali Kota Malang, Sutiaji yang berada di Jalan Besar Ijen Nomor 2, Kecamatan Klojen pada Minggu (12/2/2023).

Selain itu, juga ada gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai. Kemudian, masyarakat juga bisa berfoto di taman dan mobil dinas Wali Kota Malang dengan nomor polisi N 1 KAH yang pernah digunakan.

Secara kasat mata, rumah dinas itu seperti bangunan rumah-rumah lainnya di Jalan Besar Ijen yang memiliki gaya arsitektur lawas. Rumah dinas itu sudah berstatus cagar budaya sesuai Surat Keputusan Wali Kota Malang Nomor 347 Tahun 2018.

Saat ditemui, Sutiaji mengatakan, kebijakan itu terinspirasi dari salah satu warganya yang mengunggah foto saat berada di rumah dinasnya. 

Baca juga:

Unggahan tersebut mendapat respons positif dari warganet lainnya yang juga ingin bisa berfoto disana.

"Rencana ini sebenarnya sudah sejak 2019 lalu, tetapi tahun 2020 itu pandemi Covid-19. Saya berpikir untuk menunggu reda dulu, baru tahun 2023 ini kami laksanakan," kata Sutiaji pada Minggu.

Dia berharap, dengan dibukanya rumah dinas itu untuk umum dapat semakin mendekatkan hubungan dirinya dengan masyarakat. Nantinya, rencananya secara berkala akan ada kegiatan diskusi masyarakat yang bisa dilaksanakan di sana.

"Kami bisa berkomunikasi dengan masyarakat banyak. Nanti kami benahi lagi spot-spot yang ada, jadi setiap satu bulan sekali atau setiap minggu kalau memungkinkan bisa berdiskusi sesuatu disini sambil ngopi-ngopi," katanya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Direncanakan jadi destinasi Bus Macito

Selain itu, bila memungkinkan, rencananya rumah dinas Wali Kota Malang juga menjadi salah satu destinasi dari rute perjalanan Bus Malang City Tour atau Macito. Hal ini juga untuk mendukung pariwisata di Kota Malang berkonsep heritage atau tempo dulu.

"Insya Allah, bila memungkinkan di waktu-waktu tertentu (rumah dinas Wali Kota Malang)," katanya.

Baca juga: Jadwal Bus Macito Terbaru, Keliling Kota Malang Gratis

Sebelumnya, Pemkot Malang juga berencana menjadikan kawasan Kampung Heritage Kayutangan sebagai salah satu tempat transit para penumpang Bus Macito untuk bisa berjalan-jalan selama 30 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com