Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

F1 Powerboat Toba 2023 Targetkan 25.000 Wisatawan

Kompas.com - 13/02/2023, 21:18 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajang balap perahu super cepat atau F1H20 (F1 PowerBoat) di Danau Toba, Sumatera Utara, yang akan berlangsung mulai Jumat (24/2/2023) hingga Minggu (26/2/2023), ditargetkan mendatangkan 25.000 wisatawan.

"Jadi ini 25.000 wisatawan yang diharapkan datang," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (13/2/2023).

Baca juga:

Lebih lanjut, kata dia, untuk jangka panjang, ajang tersebut diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan sebesar 3,7 persen dalam dua tahun pasca-event (acara) berlangsung.

"Karena kita lihat targetnya 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara, dan F1 PowerBoat ini diprediksi akan raih atensi 180 juta impresi media digital dan dampak langsung Rp 212 miliar terhadap ekonomi Provinsi Sumatera Utara," terang Menparekraf.

Baca juga: 7 Hotel di Pinggir Danau Toba yang Ada Kolam Renang

Untuk mencapai target Rp 212 miliar ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah melakukan penguatan rantai pasok dengan menempatkan produk-produk lokal di hotel dan homestay setempat.

"Sehingga di hotel-hotel, homestay, produk yang digunakan itu adalah produk kopi setempat, bukan merek kopi generik tapi kopi khas Mandailing, kopi khas dari sekitar Danau Toba, juga makanannya, fesyennya, musiknya juga, selain artis dari daerah Toba yang sudah sukses, kita juga mendorong para artis lokal sebagai penghibur," jelasnya.

Persiapan F1 PowerBoat di Toba berjalan sesuai rencana

Danau Toba menjadi destinasi wisata super prioritas. 
Shutterstock/E2DAN Danau Toba menjadi destinasi wisata super prioritas.

Tak sampai dua Minggu lagi, F1 PowerBoat akan digelar di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba.

Menparekraf menyampaikan, per hari ini (13/2/2023), pelaksanaan F1 PowerBoat terpantau sudah berjalan sesuai rencana.

"Mulai dari Dry Paddock hingga Wet Paddock juga sudah disiapkan konsepnya, tidak hanya infrastruktur tapi SDM (Sumber Daya Manusia)-nya juga disiapkan, sehingga semua on track (sesuai rencana)," tutur dia.

Baca juga:

Di sisi lain, aspek pelayanan terhadap tamu juga dipersiapkan dengan matang, agar wisatawan yang berkunjung mendapat pengalaman yang baik.

"Hospitality penting, jangan sampai yang datang ke Toba kecewa, makanya kita siapkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) lokal untuk produk kuliner, agak dingin di sana, butuh kuliner yang hangat," ujarnya.

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Disiapkan untuk Sport Tourism, Ada F1 di Danau Toba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com