Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Taman di Solo Buat Nongkrong, Ada yang Baru Diresmikan

Kompas.com - 13/02/2023, 22:36 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kota Solo atau Surakarta memiliki sejumlah yang bisa menjadi alternatif tempat nongkrong.

Saat bosan nongkrong di kafe atau mall, masyarakat bisa duduk santai di taman. Apalagi, banyak taman di Solo gratis dengan fasilitas lengkap seperti wifi publik, gazebo, tempat bermain anak, spot foto, dan lainnya.

Baca juga: 9 Wisata di Solo Gratis, Ada Taman hingga Benteng Peninggalan Belanda

Kompas.com merangkum sejumlah taman di Solo yang bisa menjadi alternatif nongkrong ramah kantong. Menariknya, ada taman di Solo yang baru diresmikan, adapula taman yang usianya mencapai 124 tahun.

1. Taman Cerdas Soekarno-Hatta 

Taman Cerdas Soekarno-Hatta, atau juga dikenal dengan nama Taman Cerdas Jebres. TribunTravel/ Nurul Intaniar Taman Cerdas Soekarno-Hatta, atau juga dikenal dengan nama Taman Cerdas Jebres.

Taman Cerdas Soekarno-Hatta juga dikenal dengan nama Taman Cerdas Jebres. Lokasinya berada di utara kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo atau belakang Solo Technopark.

Mengutip laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, taman publik ini dilengkapi berbagai fasilitas, antara lain gazebo, arena bermain anak, ruang serbaguna, perpustakaan, ruang IT, ruang teater terbuka, ruang audio visual, radio anak, dan ruang gamelan.

Baca juga: Nilu Kopi UMS, Tempat Nongkrong Instagramable Bernuansa Tropis Dekat Kota Solo

Semua fasilitas tersebut dapat diakses gratis oleh masyarakat. Pengunjung cukup membayar retribusi parkir senilai Rp2.000 untuk sepeda motor.

Ikon taman seluas 3,5 hektar ini adalah relief tokoh proklamator Indonesia, Soekarno- Hatta dan bapak pendidikan, Ki Hajar Dewantara. Selain itu, ada dinosaurus dan enam patung tokoh pewayangan, yakni, Kresna, Bima, Gatotkaca, Rama, Shinta, dan Hanoman. 

2. Taman Balekambang

Ilustrasi Taman Balekambang, salah satu tempat wisata di Solo yang bisa dikunjungi secara virtual. SHUTTERSTOCK/ASTARIK Ilustrasi Taman Balekambang, salah satu tempat wisata di Solo yang bisa dikunjungi secara virtual.

Taman Balekambang berdiri sejak 1921, jadi usianya sekarang mencapai 102 tahun. Meskipun usianya sudah satu abad, namun keberadaan Taman Balekambang tetap eksis hingga saat ini.

Mengutip dari Kompas.com, Senin (28/3/2022), obyek wisata ini merupakan pemberian Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Haryo atau Mangkunegara VII kepada dua anaknya, yaitu Gusti Raden Ayu Partinah dan Gusti Raden Ayu Partini. 

Oleh sebab itu, saat berkunjung ke Taman Balekambang wisatawan akan melihat dua patung di tengah taman dan di tengah kolam yang merupakan patung Gusti Raden Ayu Partinah dan Gusti Raden Ayu Partini. 

Baca juga: Tarif Bus BST di Kota Solo Awal 2023, Tak Lagi Gratis

Dulunya, Taman Balekambang tertutup hanya untuk keluarga kerajaan. Namun, sejak 1944 ketika Mangkunegara VIII memerintah, taman ini dibuka untuk umum.

Lokasi Taman Balekambang berada di Jalan Balekambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari. Pengunjung tidak dipungut biaya saat masuk ke Taman Balekambang.

Namun, pengunjung perlu merogoh kocek jika ingin naik wahana seperti becak air. Lokasinya berada di Jalan Balekambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com