Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Kampung Tematik Akan Digelar di Malang untuk Gaet Wisatawan

Kompas.com - 15/02/2023, 11:13 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Pesta Kampung Tematik akan diadakan pada bulan Maret 2023, tepatnya Minggu (12/3/2023), untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Malang, Jawa Timur.

"Ini adalah salah satu bentuk semangat kolaborasi. Kita bertekad Kota Malang sebagai kota wisata, jadi destinasi wisata harus kita kelola dengan baik," ujar Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Baihaqi, dikutip dari Antara, Rabu (15/2/2023).

Baca juga:

Bertempat di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Malang, Pesat Kampung Tematik jadi salah satu acara menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-109 Kota Malang.

Acara ini nantinya akan menghadirkan sejumlah kegiatan, di antaranya lomba kreasi anak-anak dari Kampung Tematik, pentas budaya, dan pameran produk. 

Baca juga: 5 Kampung Tematik di Kota Malang, Pas Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Pesta Kampung Tematik juga melibatkan 23 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Paguyuban Kakang Mbakyu Kota Malang.

"Ini merupakan kolaborasi bersama, untuk memberikan sentuhan pada kampung tematik di Kota Malang agar semakin menarik untuk dikunjungi," kata Baihaqi.

Spot foto di Kampoeng Heritage Kajoetangan di MalangKOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Spot foto di Kampoeng Heritage Kajoetangan di Malang

Untuk diketahui, dilansir dari laman Pemerintahan Kota Malang, terdapat beragam kampung tematik di kota tersebut. Kampung yang ada, antara lain Kampung Warna-Warni, Kampung 100 Topeng, dan Kampung Keramik. 

Selain itu, dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (29/4/2022), ada pula Kampung Budaya Polowijen, Kampung Tridi, dan Kampoeng Heritage Kajoetangan.

Baca juga:

Dari data Disporapar Kota Malang, tercatat hingga 13,5 juta wisatawan berkunjung ke Kota Malang pada tahun 2022. 

Sementara itu, rata-rata ada 37.500 wisatawan yang mengunjungi Kota Malang per harinya. Mereka berwisata ke beragam tempat, di antaranya kampung tematik, taman kota, museum, dan pusat perbelanjaan.

Baca juga: Kampung Warna-warni Jodipan, Tempat Wisata Hits di Kota Malang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com