Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

45 Tahun Masjid Istiqlal, Masjid Terbesar di Asia Tenggara

Kompas.com - 15/02/2023, 14:20 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Keberadaan Masjid Istiqlal sebagai salah satu rumah ibadah umat Islam di Jakarta bukan hal yang asing terdengar.

Rumah ibadah yang dirancang sejak era Presiden Soekarno (Bung Karno) ini menjadi salah satu tempat ikonis dan populer di Ibu Kota. Khususnya bagi umat islam dan wisatawan penikmat wisata religi.

Baca juga:

"45 tahun yang lalu kita patut bersyukur karena ada orang yang punya cita-cita besar, yakni Bung Karno, menggagas sebuah masjid kebanggaan bangsa," kata Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar saat ditemui di Masjid Istiqlal, Selasa (14/2/2023).

 

Dikutip dari laman resmi Masjid Istiqlal, hadirnya masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut pada saat ini merupakan wujud realisasi impian para petinggi ulama setelah Indonesia merdeka pada 1945.

Pada saat itu para ulama ingin agar Indonesia memiliki suatu tempat kebanggaan sekaligus tempat untuk beribadah yang istimewa di hati masyarakat.

Dalam hal ini kenginan para ulama diimplementasikan melalui sebuah masjid. Rencana tersebut kemudian disambut baik dan dilaksanakan saat pemerintahan Presiden Soekarno. 

 

Sejarah singkat Masjid Istiqlal

Aktivitas ibadah di Masjid Istiqlal.kompas.com/REZA AGUSTIAN Aktivitas ibadah di Masjid Istiqlal.

Nazaruddin Umar menceritakan bahwa proses pembangunan Masjid Istiqlal sempat menimbulkan perdebatan antara Bung Karno dan Bung Hatta perihal lokasi pembangunan masjid.

Bung Karno pada saat itu mengusulkan untuk membangun masjid di area bekas benteng Belanda yaitu kawasan Benteng Frederick Hendrik dan Taman Wilhelmina.

Sementara itu, Bung Hatta mengusulkan untuk membangun masjid di dekat Pasar Tanah Abang.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Dekat Masjid Istiqlal

Dari perbedaan pendapat tersebut kemudian diputuskan untuk membangun masjid di kawasan bekas benteng Belanda. Salah satu pertimbangannya yaitu karena ingin membangun masjid untuk 3.000 tahun.

"Masjid ini bukan dibangun untuk tiga abad, melainkan 3.000 tahun," kata Nazaruddin.

Pemancangan tiang pertama Masjid Istiqlal dilakukan oleh Presiden Soekarno pada 24 Agustus 1961. Setelah 17 tahun pengerjaan, Masjid Istiqlal kemudian diresmikan penggunaannya oleh Presiden Soeharto pada 22 Februari 1978.

Oleh sebab itu, setiap tanggal 22 Februari diperingati sebagai Hari Istiqlal.

Baca juga: Masjid Istiqlal akan Dikembangkan Sebagai Wisata Halal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com